Walikota Selaku Upulatu Kota Ambon Pimpin Upacara Hari Pattimura Ke-204

  • Bagikan
Walikota Selaku Upulatu

Ambon – Pemerintah kota (Pemkot) Ambon menggelar upacara renungan suci mengenang perjuangan Kapitan Pattimura/Thomas Matulessy yang ke-204 tahun, yang di pimpin langsung oleh walikota Ambon Richard Louhenapessy selaku Upulatu Kota Ambon  berlangsung di depan monumen Patung Pattimura kompleks Lapangan Merdeka Ambon.

Walaupun sempat di guyur hujan kegiatan rutin tahunan  Renungan suci yang ke 204 yang berlangsung Jumat 14/05/2021, mengakat  tema “ Dengan semangat Pattimura kita ciptakan SDM unggul , kreaktif, mandiri dan berprestasi dalam memerangi covid 19” di provinsi Maluku.

Usai seluruh rangkaian kegiatan hari Pattimura,  Walikota saat di wawancarai sejumlah wartawan tentang kegiatan yang di laksanakan mengatakan kegiatan ini untuk terus mengingatkan rakyat dan masyarakat kota tentang semangat perjuangan Pattimura yang dulunya berjuang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan, tanpa pamrih walapun nyawa taruhannya.

Untuk itu Dirinya menjelaskan, dahulu Pattimura mengangkat parang salawaku untuk berjuang, namun saat ini  Pattimura – Pattimura   muda yang berada di kota Ambon, melalukan perjuangan dengan cara berbeda, yakni berjuang bukan untuk melawan penjaja lagi akan tetapi  melawan pandemi COVID-19 yang sampai saat ini belum berakhir, yaitu  lewat peningkatan Disiplin protokol kesehatan.

Walikota menandaskan makna yang paling mendasar dari apa yang lakukan lewat renungan suci mengenang 204 tahun perjuangan Kapitan Pattimura, adalah bagaimana seluruh warga kota Ambon berjuang bersama-sama dengan pemerintah memastikan menaati prokes dalam setiap rutinitas yang dilaksanakan.

Ditegaskan walikota pelaksanaan peringatan hari Pattimura ke 204 di kota Ambon yang mendapatkan dukung penuh jajaran Kodim 1504 Ambon,yang benar-benar mengedepankan protokol kesehatan, untuk itu apresiasi disampaikannya selaku walikota kepada komadan Kodim 1504 Ambon yang telah menjadi contoh yang baik dalam arahan pada seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan.

“Merayakan hari Pattimura ini dalam upaya untuk terus mengingatkan rakyat dan masyarakat kota tentang semangat perjuangan Pattimura yang dulunya berjuang melawan penjajah, kali ini Pattimura muda berjuang melawan pandemi covid dengan peningkatan disiplin, ini sebetulya makna kenapa harus kita merayakan ini lagi dalam pandemi covid” Ujar Walikota.

Dalam renungan Suci tersebut Walikota Ambon Richard Louhenapessy yang juga selaku  Upulatu Kota Ambon bertindak selaku inspektur upacara, sementara Camat Teluk Ambon Imelda Tahalele didapuk selaku komandan upacara.

Dan peserta upacara  diikuti oleh Wakil Walikota , Sekretaris kota Ambon,  Forkopimda Kota Ambon, anggota DPRD, pimpinan OPD lingkup Pemkot, Dandim 1504/Ambon dan Wakapolresta Ambon, pengurus PKK, anggota TNI/ POLRI serta kepala sekolah dan guru serta  perwakilan  perwakilan Pramuka di kota Ambon.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *