Walikota Ambon Optimis Revitalisasi Pasar Dampak Besar Peningkatan Ekonomi Pedagang

  • Bagikan
Walikota Ambon Optimis Revitalisasi Pasar Dampak Besar Peningkatan Ekonomi Pedagang

Ambon – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy optimistis revitalisasi pasar tradisional modern Mardika akan berdampak besar bagi peningkatan ekonomi pedagang di kota Ambon.

Walikota mememastikan, revitalisasi pasar tradisional modern Mardika segera dikerjakan dalam waktu dekat sesuai perencanaan.

Saat ini, Pemerintah kota Dinas terkait, sedang melakukan pembersihan lokasi pasar dari para pedagang, sekaligus memastikan PKL untuk sementara tidak melakukan aktivitas berjualan, karena mengganggu proses pekerjaan.

“Harapan kami PKL dapat memahami langkah yang diambil pemerintah kota dengan memindahkan mereka ke tempat relokasi sementara yang telah disediakan untuk berjualan sambil menunggu dilakukannya revitalisasi” kata Louhenapessy

Walikota juga sangat optimis, dengan revitalisasi pasar tersebut, terjadi peningkatan bagi masyarakat terutama pedagang, mengingat kondisi pasar akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Oleh karena itu, para pedagang harus dapat memahami kondisi saat ini untuk menempati tempat berjualan sementara baik di pasar sementara Tantui, Pasar Galala, dan Pasar Transit Passo, yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota.

Sesuai rencana, pembongkaran kios pedagang yang masih melakukan rutinitas di kawasan pasar yang akan direvitalisasi tetap dilaksanakan. Bagi pedagang yang masih berjualan diminta segera mengosongkan lokasi itu karena akan segera dibongkar.

“Dampak dari pembangunan pasar yang baru, salah satunya memudahkan akses dan memberikan rasa nyaman bagi warga yang akan berbelanja, selain itu berdampak langsung bagi perluasan Jalan Pantai Mardika menjadi 12 meter”ungkap Walikota.

Seperti diberitakan sebelumnya bangunan Pasar Mardika Ambon bakal digarap lebih modern dengan tinggi empat lantai.

Tahap pertama pengerjaan dimulai Juni 2021, dengan mengosongkan seluruh areal dari PKL guna memperlancar proses pekerjaan.

Revitalisasi pasar multi-years itu dibangun di atas lahan seluas 7,29 meter persegi dan total luas bangunan empat (4) lantai 18.484,4 meter persegi.

Pasar tersebut dilengkapi dua lahan parkir. Satu lahan parkir di area pasar dan satu area parkir dibangun di sisi pantai sekaligus sebagai lahan parkir utama dan bisa menampung banyak kendaraan.

Dalam perencanaanya lantai satu pasar tradisional modern, dikhususkan sebagai pasar basah untuk penjual ikan dan sayur mayur. Sedangkan lantai dua dan tiga untuk penjual kebutuhan umum lainnya sedangkan lantai empat direncanakan untuk food court. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *