Walikota Ambon Apresiasi Sistem Pembelajaran Matematika Dengan Metode GASING

  • Bagikan
Walikota Ambon Apresiasi Sistem Pembelajaran Matematika Dengan Metode GASING

Ambon – Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengapresiasi sistim pembelajaran matematika menggunakan metode Gampang, asyik dan menyenangkan (GASING). Metode GASING muda dicerna, membuat anak cepat menguasai matematika.

Apresisasi ini disampaikan Walikota Richard pada kegiatan Sekolah Daring “Beta GASING” yang diselenggarakan Pemkot Ambon bersama Surya Institute berlangsung  virtual di ruang Vlisingen Balai Kota, Rabu (01/09)

Dikatakan, tujuan dilaksanakan Beta Gasing adalah untuk peningkatan kualitas pendidikan di kota Ambon, yang saat ini masih berlangsung secara daring dari rumah masing – masing karena Pandemi Covid-19.

Dinamakan Gasing karena dalam penerapan pembelajaran metode ini gampang, asyik, dan menyenangkan. Salah satu ciri khas lain dari metode Gasing adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat.

“Metode ini mencoba memberi pengertian kepada siswa tentang konsep bilangan serta teknik penjumlahan berupa tambahan, pengurangan, dan perkalian. Penekanan pertama pembelajaran metode ini selalu diawali dengan sesuatu yang konkrit, sehingga anak-anak akan sangat mudah mengerti dan mengaplikasikannya. Penekanan kedua adalah anak-anak selalu diminta mencongak”kata Walikota .

Metode Gasing menurutnya, adalah solusi tepat mempelajari matematika karena mampu menghitung cepat tanpa alat, menyelesaikan soal cerita dengan pendekatan logika, dan eksplorasi  tanpa rumus dan materi sesuai dengan kurikulum sekolah.

Dikatakan, Matematika kerap dianggap mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa, sehingga sulit dipahami baik dalam pembelajaran tatap muka, apalagi secara daring.

“Kita semua terutama anak-anak cenderung menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Karena itu tidak mengherankan apabila sering kali nilai matematika adalah nilai terendah dari pada mata pelajaran yang lain”ungkapnya.

Kesulitan dalam belajar matematika bukan disebabkan oleh sulitnya materi pelajaran, melainkan karena cara pengajaran yang tidak mudah dimengerti atau tidak sesuai dengan karakter cara belajar  anak.

“Dengan menggunakan teknik belajar yang tepat, maka pelajaran matematika akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dipelajari”.

Dia menambahkan untuk menyiapkan generasi muda kota Ambon, Pemkot Ambon sejak 2012 membangun  kerjasama dengan  Yohanes Surya dan Surya Institute, dalam gerakan Ambon Pandai Matematika.

Program ini dilaksanakan dengan mengirimkan guru untuk belajar metode Gasing. Kerjasama itu terus berlanjut dengan program Genius, yakni mengirim siswa terpilih yang belajar langsung di Surya Isntitute, serta pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi untuk dididik sebagai Guru Masa Depan.

“Guru menjadi kunci akan keberhasilan pencapaian pembelajaran sekaligus memupus citra buruk mata pelajaran matmatika di mata siswa.

Diauki permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan pembelajaran adalah anak kurang memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

“Salah satunya disebabkan cara mengajar guru yang monoton sehingga anak,menjadi bosan dan malas untuk belajar” kata Richard.

Sementara Itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Fahmy Salatalohy mengatakan, peserta yang mengikuti Sekolah Daring Beta Gasing berjumlah 24.667 terdiri dari guru serta siswa SD kelas 4 – 6 dan SMP di Kota Ambon

Selain dilkukan secara luring dari ruang Vlisengen Balaikota, Sekolah Daring Beta Gasing juga diikuti via streaming baik melaui Facebook dan You Tube Tabea milik Pemkot Ambon juga melalui Zoom Meeting.

Pakar fisikawan Yohanes Surya berkesempatan mengajar ribuan siswa secara daring mengakui, pada prinsipnya tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dan metode yang benar.

Dikatakan perlu di terapkan metode pembelajaran yang mampu memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif membangun pembelajaran berdasarkan pengalaman yang nyata.

Dia jugs mengajarkan anak-anak cara mudah melalukan perhitungan penjumlahan, perkalian dan pengurangan secara cepat.

Metode pengihutangn yang diajarkan  mendapat antusias anak-anak yang hadir maupun yang mengikuti melalui streaming terbukti setiap pertanyaan selalu dijawab dengan cepat.

Yohanes Surya juga pada kesempatan itu memberikan kado ulang tahun istimewa bagi kota Ambon ke-446 berupa Software pembelajaran  GASING secara gratis kepada seluruh siswa SD Kelas 1-6  di Kota Ambon.Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *