Wali Kota Tual Lantik Tiga Kepala Ohoi

  • Bagikan
Wali Kota Tual Lantik Tiga Kepala Ohoi

Tual, Matamaluku.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan melantik dan mengambil sumpah jabatan tiga Kepala Ohoi di Kota Tual, yang berlangsung di Balai Kota Tual, Jumat (9/12/2022).

Berikut Kepala Ohoi yang dilantik, yakni:

1. Fauzan Amir Tamher (Ohoi Tual),

2. Charles. J. Tarantein (Ohoi Taar), dan

3. M. Yasin Balubun (Ohoi Tamedan).

Wali Kota Tual Adam Rahayaan dalam sambutannya memberikan mengapresiasi dan penghargaan kepada tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat atas dukungan dan kerja sama, sehingga panitia pemilihan Kepala Ohoi, dapat bekerja maksimal dan tahapan pemilihan Kepala Ohoi dapat berjalan aman dan lancar.

Menurut Rahayaan, sebelumnya direncanakan tahun 2022 ini, ada 10 kepala ohoi atau desa di kota Tual yang dilantik, namun hanya tiga kepala ohoi yang baru berhasil dilantik, sedangkan 7 kepala ohoi belum dilantik, karena mengalami kendala.

Rahayaan meminta, kepada tiga kepala ohoi yang baru dilantik untuk selalu menjaga keamanan dengan melakukan komunikasi dengan desa-desa tetangga, lurah dan camat, sehingga apabila menemukan masalah sekecil apapun agar, secepatnya diselesaikan sehingga tidak melebar ke ohoi lain.

Ia menambahkan, di tahun 2023 nanti adalah tahun politik, sehingga ia meminta kepada kepala ohoi atau desa di Kota Tual, tidak terlibat dalam politik praktis dan tetap netral jelang Pemilu 2024

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kota Tual, G Rahanyamtel mengatakan, 7 kepala ohoi atau desa di Kota Tual yang belum dilantik semuanya berasal dari Kecamatan Dullah Selatan dengan alasan ada ohoi yang belum punya calon kepala ohoi dari Riin Kot, belum terbentuknya badan saniri ohoi atau desa.

Menurut Rahanyamtel, 7 kepala ohoi yang  belum dilantik di tahun 2022, akan bergabung dengan 8 kepala ohoi lain pada bulan Februari 2023, untuk dilantik sehingga total 15 kepala ohoi akan di lantik tahun 2023.

Ditempat yang sama Kepala Ohoi Taar Charles Tarantein kepada Tim Matamaluku.com menegaskan komitmennya untuk membangun Ohoi Taar sesuai dengan visi-misi yang telah diprogramkan diantaranya infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

Setelah dilantik, selaku Kepala Ohoi Taar, dirinya juga akan merangkul seluruh masyarakat Ohoi Taar yang selama ini berbeda pendapat, saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) berlangsung, untuk menyatukan kekuatan bersama membangun Desa Taar.

Sebelum pelantikan 3 Kepala Ohoi oleh Wali Kota Tual, 3 Kepala Ohoi dikukuhkan secara adat di desanya masing-masing oleh raja. Namun untuk Ohoi Taar dan Kepala Ohoi Charles Tarantein tidak dikukuhkan oleh raja, namun di beri mas adat Kei Anuhu oleh Kepala Soa Yalnuhuubun kepada Charles Tarantein. Prosesi adat ini, sebelumnya Charles Tarantein di antar dari rumah pribadinya dengan belang leis wan wan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *