Wakil Bupati Hadiri Prosesi Pencangan Tiang Alif Mesjid Al-Jihad Waraka

  • Bagikan
Alif
Tiang Alif Mesjid Al-Jihad Negeri Waraka

Berita Maluku Tengah, Masohi – Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tengah Marlatu Leleury, menghadiri prosesi Pemancangan tiang Alif Masjid Al-Jihad Negeri Waraka Kecamatan Teluk Elpaputi, yang dilaksanakan dalam bentuk acara adat bersama masyarakat negeri Waraka dari tiga basudara baik muslim,Kristen protestan dan katolik yang telah diwarisi sejak zaman leluhur.

Wakil bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury dalam sambutannya pada pencanangan tiang Alif masjid Al-Jihad negeri Waraka mengatakan dirinya selaku wakil bupati bersama bupati atas nama pemerintah kabupaten Maluku Tengah menyambut baik terlaksananya kegiatan prosesi pencanangan tiang Alif masjid Al-Jihad negeri Waraka yang berjalan lancar dan aman.

Dikatakan Leleury, Peran masjid dirasa sangat penting , maka selayaknya keberadaan masjid sebagai sentra peribadatan bagi umat muslim harus selalu ada dilingkungan masyarakat, sehingga upaya meningkatkan hubungan ibadah dan silaturahmi dalam masyarakat selalu ada dan terus terjaga dalam menggapai kesempurnaan hidup sebagai umat beragama.

Kepedulian masyarakat negeri Waraka, dalam proses pemasangan kubah masjid Al-Jihad, membuktikan bahwa masyarakat negeri Waraka, mampu memahami dengan benar makna dari kegunaan masjid, karena dengan pemahaman tersebut akan membawakan hasil yang positif bagi daerah ini.

“Momentum yang penting dan berharga di hari ini saya mengajak masyarakat agar memaknai kegiatan ini untuk memotifasi kita terus meningkatkan semangat keislaman bagi terciptanya kedamaian dan ketulusan hidup serta kemajuan pembangunan di daerah ini, untuk kepentingan itu secara khusus saya mengajak kita semua tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh masyarakat serta seluruh komponen masyarakat yang ada di negeri Waraka ini untuk senantiasa menggunakan Mesjid ini sebagai sarana dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Kuasa” Ujar Leleury.

Sementara itu raja Waraka, Richard Lailossa mengatakan  Pemancangan tiang Ali’f merupakan prosesi peribadatan yang telah berlangsung turun temurun sejak dahulu bukan saja untuk pembangunan masjid tetapi juga bagi pembangunan rumah ibadah dari basudara nasrani yakni gereja, hal yang sama juga dilakukan dalam susasan kekeluargaan dan kebersamaan.

Dikatakanya, dengan dilaksanakannya Pemasangan kubah Mesjid ini kedepan lebih memperkuat iman dan Takwa Kepada Allah Subhana huwata ala serta beribadah untuk kebesaran nama Tuhan yang di muliakan.

Dengan demikian lewat kegiatan ini, masyarakat di negeri Waraka dimanapun yang berada diperantauan terpanggil dan merasa memiliki Negeri dan juga mesjid ini karena menurutnya, mesjid Al Jihad ini adalah titipan dari Leluhur bagi Semua Masyarakat di Negeri Paisina Yamalatu Waraka.

“Semua kita berharap jaga tali silaturahmi memperkuat iman , memperkuat kebersamaan kita selaku anak bangsa selalu mencintai menciptakan keharmonisan dalam hidup berdampingan tiga komunitas yang ada di negeri Waraka” Ujar Lailossa.

Selebum acara pencangan tiang Alif masjid Al-Jihad, tiang Alif di pukul secara bersama-sama masyarakat Waraka menuju ke lokasi masjid Al-Jihad  untuk diserahkan ke raja Waraka dan selanjutnya dari raja Waraka diserahkan kepada para imam dan pemuka agama untuk dipasang pada masjid Al-Jihad negeri Waraka.

Selain dihadiri langsung oleh wakil bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury, turut hadir Asisten ll Setda Maluku Tengah M.Bahrun Kalauw,Danyon 731/ Kabaresi, Kapolres Maluku Tengah di wakili oleh Kasat Intel, Dan Brigif Nusa Ina/27, Perwakilan Kepala Kantor Kementrian Agama, Ketua MUI Maluku Tengah, Ketua Klasis,Pastor Masohi, Camat Beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Teluk Elpaputih,  Para Raja serta perangkat Negeri, Saniri Negeri Haya dan sejumlah Imam Masjid serta tokoh masyarakat paguyuban yang ada di Malteng.DMS

  • Bagikan