Tuasikal Abua Bersama Istri Menyandang Gelar Jujaro Mungare Lilipory Kalapessy

  • Bagikan
Tuasikal Abua Bersama Istri Menyandang Gelar Jujaro Mungare Lilipory Kalapessy

Maluku Tengah, Soahuku – Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua bersama Hj.Amien Ru’ati Tuasikal, resmi menyandang gelar kehormatan Jujaro dan Mungare Negeri Soahuku, Lilipory Kalapessy.

Pengukuhan Bupati dan Hj. Amien Ru’ati Tuasikal yang juga Ketua TP-PKK Maluku Tengah, itu  berlangsung di lapangan Nunusaku, Sabtu 12 Juni 2021, usai pelantikan dan peresmian Badan Saniri Negeri Soahuku periode 2021-2027.

Ketua Panitia Pengambilan Sumpah dan Peresmian Saniri Negeri Soahuku, Herry Men Car Haurissa, menilai, Bupati Tuasikal bersama Istri patut dan layak mendapatkan kehormatan tersebut, sebab dua periode memimpin Maluku Tengah, selalu menaruh perhatian penuh terhadap pembangunan di Negeri Soahuku.

“Pengukuhan Bupati dan Ibu Ru’ati sebagai Jujaro Mungare Lilipory Kalapessy adalah bentuk apresiasi, masyarakat Soahuku, sekaligus menempatkan keduanya menjadi bagian dari anak Negeri Lilipory Kalapessy” kata Politisi Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD Maluku Tengah.

Sebelumnya, Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal mengapresiasi terlaksananya pengambilan sumpah dan peresmian Saniri Negeri Soahuku, periode 2021-2027, Kecamatan Amahai, Kebupaten Maluku Tengah,

Dalam sambutan, Tuasikal mengatakan, pengambilan sumpah dan peresmian badan Saniri Soahuku yang baru, merupakan manivestasi tata kelolah pemerintahan negeri, sekaligus meneguhkan eksistensi  Soahuku sabagai negeri adat di kabupaten dengan julukan Pamahanu Nusa itu.

“Menyikapi berbagai tuntutan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan negeri, maka Saniri Negeri sebagai badan legislatif di tingkat Negeri mempunyai peran penting dan tanggung jawab besar dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan negeri melalui tugas, fungsi dan kewenangan yang dimiliki terutama dalam mengupayakan terlaksananya proses pencalonan dan pemilihan kepala pemerintah negeri definitif sesuai aturan yang berlaku”kata Tuasikal.

Tuasikal berharap, anggota saniri negeri harus serius, bertanggung jawab, arif dan bijaksana serta menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat, dan tetap menjaga hubungan harmonis dan kerjasama yang baik dengan pemerintah negeri, tokoh adat, tokoh masyarakat untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan negeri tetap berjalan dengan semestinya demi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat negeri Soahuku, lebih khusus bagi Maluku Tengah lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam bingkai hidup orang basudara.

Peresmian Saniri Negeri Soahuku turut dihadiri Ketua TP-PKK Malteng, Hj. Amin Rua’ti Tuasikal, pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng, anggota DPRD dan jajaran TNI Polri. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *