Tokoh Adat Dan LSM Dukung Kejari Tual Proses Kasus Korupsi

  • Bagikan
adat
Dicky Darmawan, raja Tual Djafar Tamher

Berita Maluku Tenggara, Tual – Para tokoh adat dan lembaga anti korupsi kota Tual dan Maluku Tenggara memberikan apresiasi dan dukungan kepada Kejaksaan negeri Tual menjalankan proses penegakan hukum terutama mengenai pemberantasan korupsi.

Pernyatan dukungan ini di sampaikan oleh tokoh adat Patasiwa Patalima raja Tual Djafar Tamher bersama Ketua Lembaga Anti Korupsi Maluku Tenggara Toni Rahabav, saat melakukan kunjungan langsung ke kantor Kejaksaan negeri Tual dan bertemua dengan Kejari Tual pada beberapa waktu lalu.

Raja Tual, Djafar Tamher, menegaskan sebagai pimpinan Patasiwa Patalima di kepulauan Kei Maluku Tenggara dan Kota Tual, memberikan apresiasi dan dukungan yang besar, kepada Kejari Tual dan jajarannya dalam memberantas  korupsi di Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Dikataakn Djafar Tamher, bahwa hukum adat di kepulauan Kei sama dengan hukum positif, dimana apa yang menjadi milik orang lain, tetap milik orang lain, begitu juga apa yang menjadi milik sendiri ,tetap menjadi milik sendiri.

Selaku Raja Tual, dirinya  menolak pernyataan sejumlah raja, yang mengutuk aksi demo sejumlah pemuda Maluku Tenggara yang melakukan aksi demo di Kejaksaan Tinggi Maluku beberapa pekan  lalu, Ia meminta semua raja di kepulauan Kei harus lebih arif dan bijaksana serta netral melaksanakan tugas pokok sebagai raja.

Selain itu juga kepada seluruh elemen masyarakat baik Tual maupun Maluku Tengagra agar  dalam menyampaikan aspirasi berupa dugaan korupsi, kiranya di sampaikan secara baik dalam dialog, jika dimungkinkan, bukan dengan cara melakukan aksi demo yang dapat berujung anarkis.

Sementra itu ketua Lembaga Anti Korupsi Maluku Tenggara Toni Rahabav, mengatakan bahwa pihaknya memberikan dukungan kepada Kejaksaan negeri Tual, dibawah kepemimpinan Kejari Tual Dicky Darmawan yang dinilai cukup baik sejak menjabat Kajari Tual kurang lebuh 8 bulan telah banyak menyelesaikan berbagai kasus korupsi termasuk korupsi dana desa.

“Itu Saya dukung dan sangat bagus, luar biasa kejari Tual Dia baru tugas tapi sudah delapan kasus yang di tangani dan itu harus kita beri dukungan yang sangat bagus pada beliau dan beliau sport melakukan penegakan hukum” Ujar Rahabav.

Sementara itu Kejari Tual, Dicky Darmawan, mengatakan pihaknya menyambut baik, dukungan dan apresiasi yang di berikan oleh raja Tual dan  lembaga anti korupsi Maluku Tenggara kepada  jajaran Kejasaan negeri Tual dalam pemberantasan kasus-kasus koropsi yang terjadi diwilayah hukum Kajari Tual.DMS

  • Bagikan