banner 325x300

Tempat Wisata Maluku Utara yang Unik dan Menarik

  • Bagikan
Sumber: hariansulsel.com

Matamaluku.com – Terdapat banyak destinasi tempat Wisata Maluku Utara. Selain beberapa tempat wisata bahari nya yang amat memukau, ada juga destinasi wisata di danau dan gunungnya. Lengkap sekali keindahan wisata alam di Maluku Utara hasil pemekaran provinsi Maluku ini.

Resmi menjadi provinsi sendiri sejak tanggal 4 Oktober 1999. Maluku Utara memiliki hampir 400 buah pulau, baik itu pulau yang berpenghuni maupun pulau kosong tak berpenghuni. Pada awal berdirinya Maluku Utara memiliki ibukota di Ternate hingga selama 11 tahun lamanya hingga pada  4 Agustus beberapa tahun silam ibukotanya pun dipindahkan ke Kota Sofifi yang lokasinya ada di Pulau Halmahera.

Taman Nukila

Apabila memasuki Ternate dari arah Pelabuhan Ahmad Yani, maka akan terlihat beberapa kapal feri yang bersandar, bersama dengan kapal barang kontainer. Pelabuhan Ahmad Yani ialah pelabuhan yang terbesar dan juga paling sibuk di Indonesia Timur dengan jangkauan layanan hingga sampai ke Sulawesi. Asyik sekali meluangkan waktu menyaksikan proses pengiriman beberapa komoditas Ternate yakni ada kayu, dan rempah-rempah, juga coklat, serta aneka seafood di pelabuhan yang ramai ini.

Cukup dengan berjalan kaki sekitar sepuluh menit saja dari pelabuhan, maka sudah akan tiba di Taman Nukila. Lokasi ini cocok untuk melakukan diving. Terdapat pemandangan dalam laut yang menakjubkan di lokasi ini, ada tiang dermaga setinggi 10 meter hingga 12 meter yang telah ditutupi koral yang sangat indah.

Ada juga bongkahan motor, dan bus, serta kapal karam yang menarik digunakan sebagai latar belakang berfoto di dalam air. Pada saat berpose di dalam bus karam maka jangan kaget jika tiba-tiba didatangi oleh kunjungan serombongan ikan yang dengan secara tiba-tiba saja datang melintas.

Jangan lewatkan momen istimewa seperti ini. Di daratan Taman Nukila ialah suatu taman kota yang menjadi tempat berkumpul para warga Ternate jelang sore hari ataupun saat akhir pekan.

Pantai Falajawa

Kunjungan ke Ternate belum lengkap dan sah jika belum berfoto dengan latar belakang tulisan Ternate di bagian latar belakangnya. Tulisan besar Ternate itu ada di Pantai Falajawa. Di lokasi ini wisatawan juga bisa mencicipi jajanan khas tradisional Ternate, yakni seperti ada nasi jaha, serta lalampo, dan lain sebagainya.

Pantai Falajawa menjadi titik menyelam yang telah populer sejak lama. Bagi yang ingin sekadar berenang di tepi laut, maka pihak Pengelola Landmark Ternate juga telah siap menyediakan pelampung yang dapat disewa. Saksikan juga pemandangan sunset yang indah di pantai ini di senja hari.

Masjid Al Munawwar

Masjid al munawwar ini ialah masjid yamg terbesar yang ada di Ternate. Masjid ini mampu menampung sampai 15,000 jemaah. Selain melaksanakan ibadah salat dan sambil menyegarkan diri, maka dapat juga menghabiskan waktu memandangi keindahan lautan dari anjungan yang terdapat di samping masjid.

Pada bagian dalam masjidnya, terdapat empat buah pilar yang besar sebagai representasi keempat sahabat Rasul, dan juga sekaligus merupakan lambang dari empat Kesultanan yang terdapat di Maluku Utara, yakni ada Kesultanan Ternate, dan Kesultanan Tidore, juga Kesultanan Bacan, serta Kesultanan Jailolo. Lokasi tepatnya ada di Gamalama, Kota Ternate, Maluku Utara.

Pantai Jikomalamo

Bagi yang memiliki hobi melakukan snorkeling maka jangan lewatkan Pantai Jikomalamo. Salah satu spot snorkeling yang terbaik di Ternate ini memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan menakjubkan.

Sumber: ksmtour.com

Pantainya memiliki pasir putih bersih yang terbentang sepanjang kurang lebih 100 meter. Letaknya berada  di suatu teluk yang tersembunyi dan berhadapan langsung dengan Pulau Hiri yang terdapat di seberangnya.

Danau Laguna atau Danau Ngade

Bagi wisatawan yang mengunjungi Ternate karena penasaran dengan gambar Pulau Maitara dan jugaTidore yang terdapat pada pecahan uang seribuan, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi danau Laguna atau danau Ngade tersebut.

Uniknya meski Danau Ngade atau Danau Laguna itu berdekatan dengan lautan, namun airnya tawar dan selalu nampak kehijauan. Lokasi ini tepatnya ada di Desa Fitu. Suasana dan panoramanya sangat indah sekali. Di Desa Fitu ini terdapat dua buah pulau yang dikelilingi lautan berwarna biru.

 

Destinasi Wisata Ternate ini terawat baik dan juga telah dilengkapi dengan fasilitas anjungan untuk berfoto, termasuk juga dengan adanya ayunan yang menggantung di atas danau, yang sangat menarik dan cantik untuk menjadi spot berfoto.

Para pengunjung juga dapat mencicipi santapan khas Ternate di restoran apung yang terdapat pada pinggiran danau. Jarak lokasi Desa ini dari pusat kota ialah sekitar 20 menit saja. Desa Fitu, termasuk wilayah Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

Gunung Gamalama

Berikutnya jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Gunung Gamalama. Pada saat mendaki gunung maka akan melewati hutan yang sangat lebat dan rimbun. Lalu ketika telah sampai di sekitar puncak, akan terlihat  pemandangan di sekeliling pulau Ternate.

Pastikan agar jumlah rombongan pendaki adalah genap, jangan sampai berjumlah ganjil. Hal ini merupakan mitos yang ada di sini, guna menghindari kecelakaan dan hal-hal yang tak diinginkan. Lokasi tepatnya ialah di Hutan Lindung, Kecamatan Hutan Lindung, Kota Ternate, Maluku Utara.

Fort Oranje

Pada jaman dulu bangunan ini ialah pusat dari pemerintahan Hindia Belanda yang paling tinggi sebelum lalu dipindahkan ke Batavia. Sempat rusak dan terbengkalai lalu sekitar tahun 2015 hingga tahun 2016, dilakukan proyek pemugaran dengan secara besar-besaran yang kemudian membuat Fort Oranje dapat dipergunakan kembali.

Pihak pemerintah daerah juga melakukan revitalisasi museum rempah, sehingga lalu dapat menjadi sumber pengetahuan bagi seluruh wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi tempat wisata ini, mengenai berbagai jenis rempah-rempahan yang terdapat di bumi nusantara ini.

Kemudian di area Fort Oranje ini juga kerap secara berkala di bukan Februari diselenggarakan acara Fort Oranje Cultural Jazz Festival. Lokasi tepatnya ialah di Jalan Hasan Boesoeri, Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Benteng Kalamata

Benteng Kalamata ialah benteng peninggalan di masa penjajahan Portugis. Meskipun benteng Ini mengalami beberapa kerusakan akibat abrasi laut, tapi pemerintah daerah tengah melakukan pemugaran agar benteng bersejarah tersebut masih bisa tetap kokoh berdiri.

Pemandangan di lokasi ini sangat unik, bahkan terkesan seperti berada di eropa pada jaman medieval di masa lalu. Benteng ini lokasinya dekat dengan pelabuhan Bastiong yang berjarak hanya sekitar 750 meter saja. Lokasi ini juga populer dan sering menjadi spot berfoto. Terlihat latar belakang Pulau Tidore serta Pulau Maitara di bagian belakangnya.

Lokasi tepatnya destinasi wisata ini ialah di Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

Masih banyak lagi destinasi wisata lainnya di maluku Utara yang bisa dikunjungi seperti Kedaton sultan Ternate yang juga merupakan tempat tinggal bagi keluarga Kesultanan. Juga berbagai danau dan air terjun serta pantai Kastela dan pantai-pantai lainnya yang cantik mempesona panoramanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *