Target Belum Tercapai, Pemkab Malteng Gencar Vaksinasi Massal

  • Bagikan
Target Belum Tercapai, Pemkab Malteng Gencar Vaksinasi Massal

Maluku Tengah, Masohi – Tingkat kesadaran masyarakat di Maluku Tengah untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 masih sangat rendah. Pasalnya, sejauh ini baru tercatat 75 ribu dari 282.390 warga yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di kabupaten julukan Pamahanunusa itu.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua kepada Tim Matamaluku.com disela-sela mengatakan, kunjungan di Kecamatan Leihitu untuk melihat langsung pelaksanaan vaksinai massal kepada warga

Diakui pemberian vaksin masih jauh dari target, kondisi ini disebabkan banyak warga yang masih mempercayai informasi hoaks tentang vaksin

“Vaksinasi masih jauh dari harapan.Kesadaran warga yang mengikuti vaksin masih sangat sedikit, bahkan masih jauh dari target kita sebanyak 282.390 orang” kata Abua

Ia mengaku, vaksinasi sangat penting untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Maluku Tengah. Sayangnya, meski Pemerintah Daerah bersama aparat TNI/Polri gencar melakukan sosialisasi, namun warga belum juga sadar akan pentingnya vaksin.

“Ini yang menjadi masalah bagi kita, kita terus menggalakan vaksinasi tapi warga belum juga sadar dengan vaksinasi ini,” katanya.

Disebutkan Pemerintah Kabupaten terus menggelar vaksinasi massal bagi warga di berbagai tempat. Ia berharap, warga tidak lagi mempercayai hoaks soal vaksin.

“Semua pihak turut menyukseskan program pemerintah untuk menekan potensi penularan COVID-19 melalui pemberian vaksin”harap Tuasikal .

Dikatakan vaksin aman, sehingga Ia menghimbau warga di Maluku Tengah, agar mau divaksin sehingga tercipta Herd Immunity (kekebalan kelompok).

Bupati juga menyatakan, telah menginstruksikan seluruh Kepala Kecamatan di Maluku Tengah untuk tidak mengeluarkan izin perjalanan bagi warga yang belum di vaksin. Sebab vaksinasi katanya menjadi salah satu upaya Pemkab memutus rantai penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Tuasikal menambahkan akan memperketat pemberlakuan wajib vaksin bagi warga pelaku perjalanan baik ke Ambon maupun ke daerah lain di Maluku. Bagi warga yang belum vaksin tidak dizinkan melakukan perjalanan.

Pos Terpadu COVID-19 lintas wilayah juga akan ditempatkan di perbatasan Maluku Tengah – Ambon yakni di Desa Hatu Kecamatan Leihitu Barat, di Telaga Kodok berbatasan dengan Kecamatan Teluk Ambon dan di Kecamatan Salahutu yang berbatasan dengan Teluk Ambon Baguala. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *