Taman Victoria Tidak Diizinkan Penggunaan Untuk Pedagang

  • Bagikan
Taman Victoria Tidak Diizinkan Penggunaan Untuk Pedagang

Ambon –  Taman Victoria yang berlokasi di sekitar pantai Losari belakang kota Ambon tidak dapat di gunakan oleh pemerintah kota Ambon untuk menempatkan para pedagang yang di relokasi dari pasar Mardika karena pemerintah provinsi Maluku dalam waktu dekat akan menggunakan tempat tersebut, sehingga tidak meberikan izin Taman Victoria digunakan oleh para pedagang.

Penegasan ini disampaikan langsung sekretaris kota Ambon AG Latuheru, saat ditanya soal surat yang dilayangkan Pemkot Ambon ke pemerintah provinsi Maluku untuk menggunakan lokasi taman Victoria sebagai lokasi sementara menampung para pedagaang yang akan direlokasi saat pembongkaran sampai selesainya pembangunan pasar Mardika.

Dikatakan Latuheru, sesui keinginan dari para Pedagang, maka Pemkot telah melayangkan surat ke pemerintah provinsi, namun karena lokasi taman Victoria dalam waktu dekat akan digunakan oleh pemerintah provinsi maka, rencana penggunaan lokasi tersebut tidak diberikan izin oleh pemprov Maluku.

Dengan demikian maka keinginan para pedagang untuk direlokasi sementara pada kawasan taman Victoria tidak dapat dipenuhi, oleh karena itu maka sesuai rencana awal pedagang akan ditempatkan pada tiga lokasi yang telah disiapkan oleh Pemkot Ambon yakni Pasar Apung, Tantui dan pasar Transit Passo.

Selian tiga lokasi yang telah disiapkan oleh pemerintah kota, ada juga beberapa alternatif lain yang menjadi usulan para Pedagang dalam pertemuan bersama dengan Pemkot Ambon, yakni lokasi pasar Batu Merah, pasar Rumah Tiga, pasar Waiheru atau eks pasar Gotong Royong.

“Kita sudah jelaskan panjang lebar ke mereka, kita kesulitan mendaptkan tempat yang represetatif , contoh salah satu diteman Victoria, itukan milik pemeirntah provinsi Maluku dan kami sudah pernah menyurat, karna lahan itu akan digunakan dalam waktu dekat oleh pemerintah provinsi Maluku, sehingga kita tidak diizinkan disitu” Ujar Latuheru.

Lebih lanjut dikatakan Latuheru, pada pertemuan bersama yang dilakukan pihak Pemeirntah kota dengan para Pedagang, pada prinsipnya seluruh pedagang memberikan dukungan penuh apa yang dilakukan pemerintah kota Ambon guna menjadikan pasar Mardika lebih baik kedepan.

Sesuia rencana revitalisasi pasar tradisional Mardika kota Ambon, dibangun dengan konsep modern yang terintegrasi dengan areal komersial, untuk memudahkan masyarakat berbelanja kebutuhan pokok, sekaligus akses transportasi.

Bangunan Pasar Mardika Ambon bakal digarap lebih modern dengan tinggi empat lantai dimana tahap pertama pengerjaan dimulai Juni 2021, dengan mengosongkan seluruh areal dari PKL guna memperlancar proses pekerjaan.

Revitalisasi pasar multi-years itu dibangun dengan konsep empat lantai di atas lahan seluas 7,29 meter persegi, diperkirakan dapat menampung kurang lebih 2000, los dan kios jualan.

Pasar ini diharapkan dapat menampung pedagang yang selama ini berjualan di badan jalan, sehingga seluruh aktivitas jual beli berlangsung dengan baik. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *