Siswa SD di Kota Ambon Serentak Ikut Ujian Akhir Nasional Tahun 2021/2022

  • Bagikan
Siswa SD di Kota Ambon Serentak Ikut Ujian Akhir Nasional Tahun 2021/2022

Ambon – Sebanyak 130 siswa Sekolah Dasar (SD) terdiri dari SD 01 SD 02, SD 72 dan SD 73 tersebar satuan pendidikan jenjang Gugus IV di Kota Ambon, mulai Selasa (17/5/2022), secara serentak seluruh siswa SD mengikuti pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) Tahun Ajaran 2021/2022.

Pelaksanakan acara buka sampul soal dilakukan oleh para pejabat dan pimpinan OPD di Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon di semua SD di Kota Ambon, sebagai pertanda dimulainya Ujian Akhir Nasional Tahun Ajaran 2021/2022.

UAN tahun 2022 ini dilaksanakan dalam dua bentuk yakni ujian berbasis computer dan ujian berbasis kertas pensil.

Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler, yang mendapat kesempatan membuka sampul soal di SD Negeri 2 Latihan SPG diawali apel siswa pada  pukul 07.00 WIT pagi.

Wawali juga turut membagikan naskah ujian kepada para siswa sekaligus memantau pelaksanaan ujian di semua kelas yang ada di sekolah tersebut.

Sebelum memulai ujian, Wawali memberikan motivasi kepada para siswa peserta ujian agar yakin dan teliti dalam menjawab soal-soal UAN.

Dirinya berharap peserta dapat mengisi lembar jawaban dengan tenang, konsentrasi penuh dan tidak lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Wawali mengatakan SD yang masuk Gugus IV berdasarkan pengalaman beberapa tahun terakhir selalu mencapai tingkat kelulusan 100 persen.

Menurutnya bukan hanya kelulusan namun yang diutamakan tetapi kualitas atau nilai yang diperoleh seorang siswa karena akan menentukan kualitas pendidikan di lembaga tersebut.

Syarif Hadler juga berharap para guru-guru sebagai pengawas ujian dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Dengan melihat prestasi siswa SD di Gugus IV tahun lalu yang lulus 100 persen, Wawali optimis peserta ujian tahun 2022 dapat mengulangi sukses yang sama dengan lulus 100 persen.

Ketua Gugus IV Rosina Hattu, menjelaskan pada satuan pendidikan yang dipimpinnya, terdapat 130 peserta Ujian yang terdari dari SD 01 sebanyak 43 Siswa, SD 02 sebanyak 36 siswa, SD 72 sebanyak 26 siswa dan SD 73 sebanyak 29 siswa.

Ujian yang dilaksanakan berjalan dengan penerapan standar protokol kesehatan ketat dan pelaksanaan Ujian SD akan berlangsung selama 3 hari  dari tanggal 17– 19 Mei 2022.

Hattu menambahkan dalam persiapan pelaksanaan ujian sekolah ini, para siswa mengikuti pembelajaran secara online maupun tatap muka. Meski demikian dirinya optimis seluruh siswa telah mempersiapkan diri dengan baik dalam mengikuti ujian ini.

Hattu mengakui kendati dalam kondisi pandemi COVID-19 pembelajaran secara daring tetap dilakukan maksimal untuk para siswa terutama bagi siswa peserta Ujian.

Dia juga  berharap, peserta ujian dapat menyelesaikan soal-soal yang diberikan dengan teliti, tanpa harus terburu-buru agar mendapatkan hasil ujian yang berkualitas.

Sementara itu di tempat terpisah, Sekretrais Kota Ambon agus Ririmase membuka sampul ujian pada gugus VII.

Jumlah peserta ujian sebanyak 245 siswa berasal dari  SD 03, SD 04, SD 10, SD 11, SD 15,  SD 16,  SD 65 dan SD 66. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.