Sholat Id di Ikuti Ribuan Umat Muslim di Masjid Raya Al-Fatah Kota Ambon

  • Bagikan
Sholat Id di Ikuti Ribuan Umat Muslim di Masjid Raya Al-Fatah Kota Ambon

Ambon- Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 hijriah yang bertempat di Masjid Raya Al-Fatah Ambon di ikuti ribuan umat Islam baik yang ada dalam masjid maupun pelataran kompleks hingga ke jalan raya, dengan pengawalan ketat aparat TNI-POLRI bersama beberapa kelompok organisasi pemuda.

Berdasarkan pantauan Tim Matamaluku.com Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 hijirah, yang dimulai pukul 07.30 WIT, diimami oleh Ustaz Ibnu Jarir, sementara Guru Besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon Mohammad Attamimi bertindak sebagai khatib.

Dalam khotbahnya, Atamimi, mengajak umat Islam untuk selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. dikatakanya ketaqwaan yang sungguh kepada Allah SWT menjadi jaminan umat selamat di dunia dan akhirat nanti.

Umat juga diingatkan untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan secara ketat, hal ini sebagai salah satu upaya melindungi diri sendiri dan keluarga dari penularan COVID-19.

Sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri dilakukan, melalui toa masjid,  kepada seluruh jemaah yang datang mengikuti sholat, berulang kali dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, Namun, ada terlihat sebagain kecil warga tidak menggunakan masker.

Saat pelaksanaan sholat Idul Fitri berlangsung di Masjid Raya Al-Fatah Ambon, ruas jalan dari arah Waihaong melewati Masjid Jame dan Masjid Al-Fatah ditutup sementara bagi seluruh pengendara, termasuk juga jalur jalan dari arah Pos kota menuju Simpang AM Sangadji juga ditutup.

Penutupan ruas jalan dilakukan karena lokasi jalan depan Masjid Jame dan depan Masjid Raya Al-Fatah Ambon digunakan Jemaah untuk pelaksanaan ibadah Sholat Idul Fitri, dimana pada lokasi depan Masjid Jame, terlihat kebanyakan didomonasi oleh kaum perempuan ibu-ibu dan remaja putri, sementara pada lokasi depan Masjid Raya Al-Fatah didominasi kaum laki-laki.

Hingga usai pelaksanaan Sholat Idul Fitri, kondisi kota Ambon tetap aman dan kondusif, para Jemaah kembali ke rumah dengan tertib, terlihat aparat kepolisian dibantu TNI dan beberapa organisasi pemuda terut membantu melakukan pengamanan pada lokasi pelaksanaan Sholat Idul Fitri berlangsung. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *