Seluruh Pelaku Usaha Perikanan di Kota Ambon Diminta Membuat Kartu Kusuka

  • Bagikan
Seluruh Pelaku Usaha Perikanan di Kota Ambon Diminta Membuat Kartu Kusuka

Ambon – Seluruh pelaku usaha perikanan diminta Dinas Perikanan kota Ambon untuk wajib memiliki Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka), untuk dapat digunakan dalam mendapatkan bantuan demi pengembangan perikanan kedepan sesuai data dari kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Kepala Dinas Perikanan kota Ambon Febby Maail saat di wawancarai Tim Matamaluku.com di Balai kota Ambon Kamis 03/06/2021, Ia mengatakan, untuk pelaku usaha perikanan di seluruh Indonesia, lewat KKP RI beberapa tahun belakangan ini mendata seluruh pelaku usaha perikanan, baik itu nelayan tangkap, budidaya perikanan dan kelompok pemasaran hasil perikanan bahkan pengolah hasil perikanan harus memiliki Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan.

Maail mengatakan, Pentingnya kartu Kusuka untuk seluruh pelaku usaha di bidang perikanan ini sehingga Dinas Perikanan memiliki data ril kondisi usaha seluruh pelaku yang berada di kota Ambon dimana penghasilan dan prodak yang di produksi serta  pendapatan yang di peroleh pertahunnya dapat diketahui dari data Kusuka yang dimasukan.

Maail menjelaskan, jika seluruh pelaku usaha perikanan di kota Ambon memasukan data yang tepat untuk diketahui oleh pemerintah, maka kedepannya nanti dapat diketahui seberapa besar pemberian bantuan yang harus diberikan bagi pengembangan perikanan serta pembinaan bagi para pelaku usaha Perikanan yang telah terdata karena memiliki kartu Kusuka.

“Katong di Ambon ini terbiasa, bahwa kita dari dulu begini nelayan pelaku usaha, padahal pentingnya kartu Kusuka itu, ketika ada bantuan – bantuan dari Kementerian, penerima itu sudah tercover di data Nasional sehingga tepat sasaran sebagai pelaku usaha perikanan, nah itu bukan saja untuk nelayan tangkap tapi nelayan budidaya dan juga untuk pemasaran hasil kelompok perikanan bahkan pengolah hasil perikanan” Ujarnya.

Lebih lanjut Maail mengatakan, sampai dengan saat ini masih banyak para pelaku usaha Perikanan di kota Ambon belum memiliki kartu keanggotaan Kusuka, oleh karena itu pihak Dinas Perikanan kota Ambon akan terus mendorong untuk para pelaku usaha Perikanan segera membuat kartu Kusuka.

Sementara bagi mereka yang akan  membuat kartu tersebut baik secara online maupun ofline pada kantor Dinas Perikanan di Balai  kota Ambon dan proses pembuatan kartu Kusuka gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *