Sebanyak 4.229 Orang Terdata Sebagai Pencari Kerja di Ambon

  • Bagikan
Sebanyak 4.229 Orang Terdata Sebagai Pencari Kerja di Ambon

Ambon – Sebanyak  4.229 orang terdata sebagai warga  pencari  kerja di kota Ambon periode Januari-September 2021. Jumlah ini sesuai  pencetakan Kartu Pencari Kerja yang di keluarkan Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon.

Jumlah pencari kerja di Kota Ambon meningkat tajam, tercatat pada April 2021 lalu . Animo warga yang mengurus kartu pencari kerja sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan.

“Sejak awal tahun 2021 hingga bulan September ini Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon mencatat ada sebanyak 4.229 pencari kerja yang berada di kota Ambon”kata Kepala Dinas Tanega kerja Kota Ambon, Steven Patty, di Balai Kota Ambon, Rabu (15/09).

Menurut Steven, jumlah pencari kerja yang tidak terdaftar di DTK diperkirakan lebih banyak, karena masih ada perusahaan yang tidak mau melapor saat membuka lowongan pekerjaan. Padahal setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sudah seharusnya lapor ke DKP.

Disebutkan, jumlah pencari kerja di satu wilayah dapat diketahui dari banyak penerbitan kartu pencari kerja oleh Dinas Tenaga Kerja.

Peningkatan jumlah pencari kerja ini seiring banyaknya lulusan baru baik di tingkat SMA/SMK dan Perguruan Tinggi, pekerja yang dirumahkam maupun di PHK karena dampak pandemi COVID-19.

“Kartu Pencari Kerja sebagai salah satu persyaratan untuk seseorang melamar pekerjaan, baik di instansi Pemerintah maupun Swasta”ujarnya.

Diakui dalam hal pencari tenaga kerja dan jumlah lapangan pekerjaan tentu sangat berbeda jauh, karena saat ini tenaga kerja yang ada sebanyak 4.229 orang.

Dikatakan bursa kerja online adalah sarana (media) yang berisi mekanisme untuk mempertemukan pencari kerja dengan pekerjaan yang diinginkan dan pemberi kerja (pengusaha) dengan tenaga kerja yang dibutuhkan secara cepat dan tepat, dengan basis teknologi informasi (internet).

Saat ini banyak pencari kerja yang mencari informasi terkait dengan kesempatan kerja di kota Ambon , olehnya itu Steven menghimbau tenaga pencari kerja dapat memanfaatkan website Kementerian Tenaga Kerja untuk mengetahui instansi yang lagi membutuhkan tenaga kerja, termasuk mengetahui  peluang kerja di wilayah lain di Indonesia.

“Pencari kerja bisa langsung mendaftar di website dimaksud dan hanya memenuhi persyaratan yang di mintakan dan tertera  dalam halaman, sehingga pekerja tidak terlalu sulit dalam proses pelamaran”.

“Begitu juga bagi perusahaan atau perorangan yang akan memberikan pekerjaan dan membutuhkan tenaga kerja dapat menggunakan halaman website Kementraian Tenaga Kerja untuk menginformasikan kepada para pencari kerja”ujar Patty. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *