Satgas COVID-19 Maluku : Target 8.500 Orang Divaksin Per Hari

  • Bagikan
Satgas COVID-19 Maluku : Target 8.500 Orang Divaksin Per Hari

Ambon – Satgas COVID-19 Provinsi Maluku, menargetkan sebanyak 8.500 orang per hari di 11 Kabupaten Kota, memperoleh vaksin, sebagai implementasi percepatan program serbuan vaksinasi menuju 1 juta vaksin per hari.

Ketua Harian Satgas COVID-19 Provinsi Maluku, Karsul Selang  disela-sela acara pencanangan serbuan vaksinasi yang dipusatkan di tribun lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (26/06) pagi, sangat optimistis Maluku bisa memenuhi target 1 juta vaksin sampai dengan akhir desember 2021.

Ia mengatakan, pencanangan serbuan vaksinasi menuju 1 juta vaksin di gelar secara serempak pada Sabtu, (26/06), di  9 Kabuptaen dan dua kota, melibatkan vaksinator dari pemerintah dan TNI Polri.

Selang yang juga Sekretaris Daerah Maluku, menyatakan, jika program ini dilakukan berarti vaksinasi di Maluku akan ditargetkan menyasar ke 8.500 orang penerima vaksin.

“Ketersediaan vaksin Sinovac dan AstraZeneca  cukup dan sudh terdistribusi ke semua kabupaten”kata Selang

Saat ini jumlah penerima vaksin di Maluku kurang lebih 85 ribu orang atau 90% dari jumlah vaksin yang diterima.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi di Ambon setidaknya melibatkan tim vaksinator dari Dinkes Provinsi Maluku, Dinkes Kota Ambon, vaksinator Bidokes Polda Maluku, Kodam XVI Pattimura, Diskes Lantamal Ambon dan Diskes TNI Lanud Pattimura Ambon”ungkapnya

Kedua vaksin tersebut menambah daftar vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia. Saat ini, vaksin yang sudah dipergunakan adalah vaksin Covid-19 Sinovac yang diimpor dalam bentuk siap pakai dari China, dan yang diimpor dalam bentuk bahan baku serta dibuat dibuat di Biofarma.

Kasrul Selang, pada kesempatan yang sama juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kodam XVI Pattimura dan Polda Maluku  yang berinisiasi menggelar kegiatan Lounching Serbuan Vaksinasi Covid 19 Menuju 1 Juta Vaksin, lebih awal dari jadwal yang secara nasional baru akan dilaksanakan, tanggal 1 Juli mendatang.

Untuk menyukseskan pencanangan serbuan vaksin di lapangan Merdeka, Kodam XVI Pattimura dan Polda Maluku masing-masing mengerahkan 1000 orang penerima vaksin.

Pantauan Tim Matamaluku.com , proses vaksinsinasi dilakukan dengan menerapakan protokol kesehatan. Masyarakat begitu antusias mendatangi lokasi untuk mendapatkan vaksin

Diketahui Pemerintah bermaksud mempercepat pelaksanaan program vaksinasi, mengingat makin tingginya kasus covid 19 di beberapa daerah. Niat pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi terbuka dengan mengalirnya pasokan vaksin Covid-19 baik  AstraZeneca maupuhn Sinovac

Berdasarkan data terakhir, angka kesembuhan di Maluku mencapai 92,9 persen sedangkan angka kematian sebesar 1,7 persen.

Mengenai pelaksanaan vaksinasi COVID-19, hingga tanggal 24 Juni, Maluku telah menerima vaksin dari Kemenkes RI sebanyak 189.920 vaksin. Rinciannya 125.740 dosis Sinovac dan 64.180 dosis AstraZeneca. Jumlah warga telah tervaksin 119.122 orang, dari target. 1.312.326 orang.

Pemberian vaksin juga ditinjau oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen. TNI. Jeffry Apoly Rahawarin, Kapolda Maluku Irjen. Pol. Refdi Andri, Komandan Korem 151/Binaiya Brigjen. TNI. Arnold Aristoteles Paplapna Ritiauw, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury juga Sekot Ambon A.G. Latuheru. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *