Sampai Saat ini Damkar Kota Ambon Belum Penuhi Target Standar Pelayanan Minimal

  • Bagikan
Sampai Saat ini Damkar Kota Ambon Belum Penuhi Target Standar Pelayanan Minimal

Ambon – Hingga saat ini Dinas Pemadam Kebakaran & Penyelamatan Kota Ambon belum memenuhi target 100 persen Standar Pelayanan Minimal (SPM) karena fasilitas pendukung penyelamatan kebakaran belum tersedia secara merata pada lima kecamatan yang ada dalam kota Ambon.

Hal tersebut di sampaikn langsung oleh Edwin Pattikawa Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon saat di wawancarai Tim Matamaluku.com di Balai kota Ambon Kamis 22/04/2021, Ia menjelaskan untuk mencapai persyaratan Standar Pelayanan minimal, maka  Damkar harus  memiliki 20 unit mobil pemadam kebakaran,  sementara yang tersedia hanya 12 unit.

Selain itu juga berbagai fasilitas penunjang lainya belum dimiliki untuk ditempatkan pada setiap kecamatan dalam kota Ambon, guna membantu tugas-tugas Damkar jika terjadi kebakaran pada wilayah kecamatan terdekat dari lokasi kebakaran.

Saat ini, Damkar kota Ambon hanya  memiliki 12 unit mobil pemadam kebakaran di tambah dengan mobil pendukung lainnya yang beroperasi untuk melayani masyarkat di lima kecamatan di kota Ambon.

Dikauinya, Kekurangan armada di tambah lagi beberapa peralatan yang belum di miliki membuat Damkar kota Ambon belum memenuhi syarat aturan pemerintah tentang stanar minimal kebakaran sesuai aturan dan ketentuan yang ditetapkan.

Seharusnya, kata Edwin,  Damkar kota Ambon pada tahun 2019, sesuai rencana  telah mencapai standar tersebut, akan tetapi terkendala keuangan  yang harus di pahami sehingga kebutuhan – kebutuhan utama standar pelayanan dari Damkar kota Ambon belum terpenuhi 100 persen sampai saat.

Dirinya memahami  dengan  kondisi  anggaran di masa pandemi COVID-19 saat ini akan tetapi  kedepanya, Ia optimis anggaran akan  di atur sebaiknya  sehingga secara bertahap Damkar kota Ambon dapat memiliki tambahan beberapa unit mobil pemadam baru serta alat – alat keselamatan lainya untuk lebih maksimal bekerja membantu warga di lima kecamatan dalam kota Ambon.

“Untuk pemadam kebakaran itu ada 12 unit di luar mobil pendukung seperti mobil tengki, mobil tangga dan mobil pendukung lain itu ada 12 unit,  kita dalam standar SPM itu idelnya ada sedikit 20 unit untuk mencapai 100 persen standar pelayanan, untuk melayani lima kecamatan yang ada di kota Ambon, jadi kita harus memenuhi, itu amanat peraturan pemerintah tentang SPM itu mencapai 100 persen” Ujar Pattikawa.

Lebih lanjut Pattikawa menambahkan dalam tahun ini Damkar kota Ambon berencana akan menambah satu unit mobil pemadam dan di tahun 2022 mendatang di perkirakan dua kendaraan lagi akan di tambahkan untuk membantu tugas – tugas pelayanan Damkar dalam melayani masyarakat di kota Ambon. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *