Sambut HUT ke-76 TNI, Kodam XVI Pattimura Gelar Donor Darah

  • Bagikan
Sambut HUT ke-76 TNI, Kodam XVI Pattimura Gelar Donor Darah

Ambon – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI, Kodam XVI/Pattimura menggelar Bakti Sosial (Baksos) TNI Donor Darah, bertempat di Maluku City Mall, Jl. Jenderal Sudirman kota Ambon, Kamis (301/9).

Baksos donor darah TNI melibatkan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku, bekerja sama dengan Kesehatan Kodam (Kesdam) XVI/Pattimura, diikuti tiga angkatan TNI, PNS TNI dan Polri, menargetkan 150 kantong darah.

Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah XVI/Pattimura, Ny Shinta Wati Bambang Ismawan.

Selain personil TNI, PNS TNI dan Polri Polda Maluku, Pangdam Mayjen TNI Bambang Ismawan juga terlihat ikut mendonorkan darahnya.

Sebelum mendonorkan darahnya Pangdam mengikuti seluruh prosedur, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan tekanan darah, screening, rapid antigen hingga berakhir dengan proses donor darah.

Pangdam Mayjen TNI Bambang Ismawan, mengatakan Baksos donor darah merupakan kegiatan kemanusiaan dalam rangka menyambut HUT ke-76 TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktober nanti. Hasil donor akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan transfusi darah di Maluku.

Jenderal Bintang Dua yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Intelijen Kasad menyebutkan, donor darah merupakan wujud kepedulian TNI dalam mencermati berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya masalah kebutuhan transfusi darah.

Terbatasnya persediaan darah yang dimiliki oleh Palang Merah Indonesia saat ini kata Pangdam, menuntut kepedulian bersama semua pihak termasuk TNI, dengan harapan setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan jiwa sesama manusia yang sangat membutuhkannya.

Oleh karena itu, dalam rangka menyambut HUT ke-76 TNI, walaupun masih dalam kondisi Pandemi COVID-19, TNI mearas terpanggil dan ikut bertanggungjawab terhadap masalah-masalah sosial, terutama dalam membantu meringankan kesulitan yang dihadapi masyarakat terkait dengan terbatasnya jumlah darah yang diperlukan.

Selain Baksos donor darah, Kodam XVI Pattimura juga melakukan kegiatan vaksinasi massal di semua satuan tugas di wilayah teritorial Kodam XVI Pattimura baik di Maluku maupun Maluku Utara, untuk membantu pemerintah dalam percepatan pencapain target vaksinasi.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988 ini mengimbau warga yang belum mendapatkan vaksin untuk segera divaksin. Karena vaksin sudah teruji dan aman sehingga berdampak terutama untuk membentuk Herd Immunity.

Meskipun saat ini kasus COVID-19 di Maluku khususnya di kota Ambon makin melandai, mantan  Kasdam V/Brawijaya (2018—2020) meminta warga tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menerapkan 5M guna memutus rantai penyebaran COVID-19. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *