Rupiah Menguat di Tengah Surplus Neraca Perdagangan April 2024

  • Bagikan
Dolar dan Rupiah
Dolar dan Rupiah

Jakarta – Kurs rupiah terhadap dolar AS mengalami peningkatan signifikan pada perdagangan Kamis, seiring dengan surplus neraca perdagangan domestik pada April 2024.

Pada pembukaan perdagangan Kamis pagi, nilai tukar rupiah melonjak 97 poin atau 0,61 persen menjadi Rp15.931 per dolar AS, naik dari posisi sebelumnya di Rp16.028 per dolar AS.

“Surplus neraca perdagangan bulan April dan pertumbuhan PDB kuartal I-2024 yang melebihi 5 persen memberikan sentimen positif bagi rupiah,” ujar pengamat pasar uang, Ariston Tjendra, di Jakarta, Kamis.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa neraca perdagangan barang Indonesia mencatat surplus selama empat tahun berturut-turut, dengan total kumulatif sebesar 157,21 miliar dolar AS.

Deputi Bidang Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, menjelaskan bahwa surplus neraca perdagangan pada April 2024 mencapai 3,56 miliar dolar AS, meskipun turun 1,02 miliar secara bulanan. Neraca perdagangan Indonesia telah mencatat surplus selama 48 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

Ariston juga mengungkapkan bahwa penguatan rupiah didukung oleh rilis beberapa data ekonomi AS. Data CPI AS untuk April 2024 menunjukkan sedikit penurunan dibandingkan bulan sebelumnya. Selain itu, data penjualan ritel AS dan indeks manufaktur area New York juga mencatat penurunan.

“Penurunan ini meningkatkan peluang pemangkasan suku bunga acuan AS, yang memberikan sentimen positif bagi aset berisiko,” katanya.

CPI AS untuk April 2024 tumbuh 3,4 persen secara tahunan (year on year/yoy), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 3,5 persen (yoy). Secara bulanan (month on month/mom), CPI April 2024 tercatat sebesar 0,3 persen, turun dari bulan sebelumnya yang sebesar 0,4 persen.

Ariston memperkirakan rupiah berpotensi menguat lagi terhadap dolar AS hari ini, dengan kisaran pergerakan di antara Rp15.950 per dolar AS hingga Rp16.050 per dolar AS. MM/AC

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *