Ratusan Umat Katolik Paroki Maria Bintang Laut Ikut Rally Rosario

  • Bagikan
Ratusan Umat Katolik Paroki Maria Bintang Laut Ikut Rally Rosario

Ambon – Ratusan umat Katolik, terdiri dari anak, remaja, pemuda dan orang tua di Paroki Maria Bintang Laut (MBL) Keuskupun Amboina menghadiri rally rosario dalam rangka mengakhiri bulan Oktober atau bulan devosi kepada Santa Perawan Maria pada, Minggu (16/10/2022) pagi.

Peserta rally rosario datang dari 18 Rukun antara lain, Rukun Ratu Damai, Rukun Santa Theresia, Rukun Batallon de San Patricio, Rukun Santo Joseph, Rukun Santo Michael, Rukun Santo Petrus, Rukun YMY, OMK Rapesu dan sejumlah rukun dan komunitas kategorial lainnya.

Kegiatan ini dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Ambon Elkyopas Silooy mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon berlangsung di pelataran SD Inpres 48 Ambon.

Ketua Panitia Rally Rosario Jemmy Retoob mengatakan, kegiatan rally rosario untuk kembali dilaksanakan setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19.

“Kegiatan Rally Rosario, berbeda dengan rally rosario sebelumnya, karena jarak tempuhnya cukup pendek. Kalau sebelumnya rally rosario dilakukan dari depan gedung Gereja Maria Bintang Laut, menuju Goa Maria, di kawasan Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe yang jaraknya puluhan kilometer,” katanya.

Kegiatan ini menunjukkan bagaimana semangat iman dari Orang Muda Katolik (OMK) meski harus melalui tantangan berjalan kaki.

Diharapkan dalam Rally Rosario ini, peserta mampu mempersembahkan seluruh jiwa raga untuk berdoa dan memuliakan Tuhan.

Sementara itu, Sekretaris Keuskupan Amboina Pastor RD. Agus Arbol mengatakan Rally Rosario merupakan bagian dari memaknai bulan oktober sebagai bulan Rosario dalam tradisi Gereja Katolik.

“Kegiatan ini penting untuk mengokohkan iman OMK sehingga dapat membangun cinta kepada Maria sebagai Bunda penyelamat dan cinta kepada doa rosario,” kata Pastor Agus.

Pastor Agus juga mengapresiasi Paroki MBL yang telah menginsisiasi terselenggaranya rally rosario, setelah dua tahun sempat terhenti akibat pandemic covid 19.

“Devosi yang dijalankan umat Katolik ini semakin mempertebal iman kepada Tuhan semakin kuat. Selain itu devosi rally rosiario ini juga sebagai ajang mempersatukan umat katolik yang selama ini terbatas melakukan aktivitas religius akibat pandemi COVID-19,” ujar Pastor Agus.

Dengan membaiknya kondisi pandemi COVID-19, Pastor Agus Arbol berharap, kedepannya kegiatan Rally Rosario dilakukan dengan melibatkan OMK dari seluruh Paroki yang ada di Kota Ambon.

Di saat yang bersamaan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Ambon Elkyopas Silooy mengungkapkan, semangat para kaum muda Katolik dalam mengikuti kegiatan rally rosario tersebut patut diapresiasi.

“Rally Rosario ini luar biasa bagus karena bertujuan agar umat selalu mendekatkan diri dengan Tuhan di masa muda,” katanya.

Silooy mengatakan, jarak bukan menjadi halangan. Ketekunan dalam devosi kepada Bunda Maria, mendorong para OMK ini untuk tetap bersemangat.

Tujuan rally rosario ini, kata Silooy, tidak saja mempersatukan seluruh kaum muda di Paroki, tetapi bagaimana meningkatkan iman dan takwa orang muda Katolik kepada bunda Maria sebagai bunda sang penyelamat dunia.

Pantauan Tim Matamaluku.com pada kegiatan Rally Rosario, Pemuda Katolik Paroki MBL, sukses digelar dengan mengambil rute depan SD Inpres 48 Airlouw hingga Goa Bunda Maria.

Sejak awal start, peserta rally rosario berjalan sambil berdoa dan bernyanyi sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

Jarak bukan menjadi halangan. Ketekunan dalam berdevosi kepada Bunda Maria, mendorong para OMK ini untuk tetap bersemangat hingga selesai

Kegiatan ini diakhiri dengan misa ekaristi yang dipimpin oleh Pastor RD. Agus Arbol di pelataran Goa Bunda Maria dusun Airlouw. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *