Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta Diperkirakan Terjadi pada 5 April

  • Bagikan
Dwi Ananda Wicaksana
Executive General Manager KCU Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana

Tangerang – PT Angkasa Pura II (Persero) telah melakukan proyeksi terhadap lonjakan arus penumpang mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. Menurut Executive General Manager KCU Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 5 hingga 6 April 2024.

Dalam keterangannya di Tangerang pada hari Minggu, Dwi Ananda menyebutkan bahwa masa angkutan Lebaran tahun ini akan berlangsung selama 10 hingga 11 hari.

“Baru-baru ini kami melakukan rapat dengan Dirjen Perhubungan Udara, dan diputuskan bahwa periode angkutan Lebaran 2024 di Bandara Soekarno-Hatta akan dimulai dari tanggal 3 hingga 13 April 2024, dengan puncak arus mudik pada hari Jumat, yaitu tanggal 5 hingga 6 April 2024,” jelasnya.

Proyeksi pergerakan penumpang selama periode tersebut mencapai angka 188 ribu orang dalam sehari.

Sementara itu, jumlah pergerakan penumpang pada puncak arus balik, yang terjadi pada H+4 Idul Fitri, diperkirakan terus meningkat hingga mencapai 190 ribu orang.

“Untuk arus balik, proyeksi kami menunjukkan peningkatan pada H+4 Lebaran 2024, dengan perkiraan sekitar 190.000 penumpang dan 1.117 penerbangan,” tambahnya.

Secara keseluruhan, selama periode angkutan mudik Lebaran, diprediksi akan ada sekitar dua juta penumpang yang bergerak melalui Bandara Soetta, baik untuk perjalanan domestik maupun internasional.

Meskipun demikian, pihak terkait sedang mempersiapkan posko terpadu di Terminal 1 B Bandara Soetta sebagai langkah pemantauan dan pengamanan bagi para penumpang arus mudik Lebaran.

“Total peningkatan di Bandara Soekarno-Hatta selama periode Ramadhan ini diproyeksikan mencapai 2,1 juta penumpang, meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” tambahnya. MM/AC

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *