Presiden Jokowi Hanya Indonesia yang berikan Bantuan Beras

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo Gudang Bulog
Presiden Joko Widodo di Gudang Bulog, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat

Bekasi – Presiden Joko Widodo menyoroti kebijakan pemberian bantuan pangan berupa beras yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia kepada masyarakatnya, menyatakan bahwa hal ini tidak umum di negara-negara lain.

Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat acara Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, pada hari Jumat.

Beliau mengungkapkan bahwa di negara lain, bantuan pangan berupa beras tidak sebanyak yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. “Kalau di negara lain kan nggak ada bantuan pangan beras seperti yang kita miliki. Kita hitung-hitung, APBN kita (bisa),” tutur Jokowi.

Presiden menegaskan bahwa fungsi negara adalah memberikan bantuan pangan saat terjadi kenaikan harga beras.

Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan bantuan pangan berupa beras hingga Juni 2024, sebanyak 10 kg per keluarga setiap bulannya.

Meskipun menyadari bahwa bantuan 10 kg tersebut mungkin tidak mencukupi kebutuhan bulanan, Presiden menegaskan bahwa bantuan tersebut tetap memberikan bantuan yang berarti bagi masyarakat.

Selain itu, Jokowi berjanji bahwa jika APBN mencukupi, bantuan akan terus disalurkan setelah Juni. “Nanti kita lihat di APBN kalau pemerintah punya kemampuan akan dilanjutkan berikutnya. Tapi janji saya yang sampai Juni dulu. Nanti hitung-hitung APBN kira-kira, masih punya duit, bisa ditambah,” tambah Jokowi.

Pada acara tersebut, Presiden juga secara simbolis menyalurkan bantuan pangan berupa beras kepada perwakilan masyarakat yang hadir.

Sebelumnya, pada Kamis (15/2), Jokowi juga menegaskan bahwa bantuan pangan berupa beras yang diberikan pemerintah membantu dalam pengendalian harga beras di pasar, menyatakan bahwa bantuan tersebut adalah salah satu cara mengendalikan harga beras agar tidak naik. MM/AC

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *