Polres Maluku Tengah Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Siwalima 2021

  • Bagikan
Polres Maluku Tengah Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Siwalima 2021

Maluku Tengah, Masohi –  Polres Maluku Tengah mengadakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Siwalima 2021 dalam rangka memastikan kesiapan seluruh personil, termasuk  sarana prasarana dan peralatan yang akan digunakan menjalankan tugas dilapangan oleh personil.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua memimpin Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Siwalima 2021 dan dihadiri langsung oleh Kapolres Maluku Tengah,  Rositah Umasugi, pimpinan Forkopimda, dan perwira dari jajaran TNI/Polri di Maluku Tengah.

Bupati saat menyampaikan sambutan Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan kali ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi COVID-19.

Dikatakan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, yaitu pengalaman terjadinya trend kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93% setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada tahun 2020 lalu.

Sementara itu Kapolres Maluku Tengah Rositah Umasugi mengatakan, pihaknya mempedomani Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/949/V/Ops.2./2021 tentang upaya mencegah terjadinya peningkatan penyebaran COVID-19.

Untuk itu masyarakat diminta tidak melaksanakan kegiatan-kegiatan, yang bisa menimbulkan berkumpulnya warga dalam jumlah banyak pada satu lokasi menjelang pada saat, dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Disinggung soal pelaksanaan malam Takbir, kata Umasugi sesuai hasil kesepakatan bersama dengan MUI dan seluruh pihak terkait di Maluku Tengah, maka kegiatan Malam Takbiran tidak dizinkan melakukan pawai dan hanya  dilakukan pada setiap masjid masing-masing.

“Untuk malam takbiran sesuai apa yang di sepakati dalam rapat lintas sektoral dari MUI maupun PHBI tidak ada kegiatan pawai malam takbiran yang hanya melaksanakan takbir di masjid – masjid masing – masing di wilayah di mana tempat tinggal, kami juga menghimbau adek – adek terutama kaum muda hindari kegiatan komvoi dan kegiatan gunakan kanalpot racing yang tentunya menggangu aktifitas masyarakat lebih baik dengan keluarga di rumah” Ujar Kapolres.

Kepolisan Polres Maluku Tengah, telah mengambil langkah dengan mendirikan posko terpadu bersama dengan Satgas Covid-19 dan stakeholder terkait yang memiliki kelengkapan pemeriksaan Swab Antigen dan ruang isolasi sementara pada pusat-pusat kermaian dan perbelanjaan serta lokasi pintu masuk keluar pelabuhan.

Apel Operasi Ketupat itu juga melibatkan seluruh kekuatan TNI/Polri, dan melibatkan instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan, Satuan Pol Pp, Pemadam Kebakaran, PLN, maupun OKP dan Ormas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *