Pj Wali Kota Ambon Akan Tindak Tegas Gepeng dan Anjal

  • Bagikan
Pj Wali Kota Ambon Akan Tindak Tegas Gepeng dan Anjal

Ambon, Matamaluku.com – Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena telah menginstruksikan kepada dinas terkait agar segera mengambil tindakan tegas dalam menyikapi keberadaan gelandangan dan pengemis (Gepeng) serta anak jalanan (Anjal) yang semakin marak di pusat Kota Ambon.

“Pemerintah Kota (Pemkot) berupaya untuk membangun Ambon menjadi kota yang semakin baik dan bagus. Tidak diperuntukan bagi anak jalanan dan gepeng, olehnya itu Pemkot akan menindak tegas orang tua yang mengeksploitasi anaknya untuk menjadi anak jalanan, gelandangan maupun pengemis,” ujar Bodewin.

Bodewin mengatakan, tindakan tegas ini perlu diambil mengingat keberadaan gepeng dan anjal di sejumlah sudut Kota Ambon semakin marak akhir-akhir ini. Bahkan Dinas Sosial dan Satpol PP diminta rutin melakukan patroli untuk menertibkan kembali para gepeng yang sebagian besar merupakan pendatang dari luar Kota Ambon.

Bodewin memastikan para gepeng yang biasanya muncul musiman itu hampir 100 persen berasal dari luar kota Ambon. Keberadaan gepeng diakui kerap meresahkan masyarakat. Apalagi yang mangkal di persimpangan jalan. Mereka bukan saja membahayakan diri sendiri tapi juga masyarakat pengguna jalan lainnya.

“Kepada para gepeng yang terjaring razia nantinya, diberikan pembinaan sebelum dipulangkan ke daerah asalnya,” katanya.

Menurut dia, orang tua atau koordinator Anjal dan Gepeng akan diusut tuntas yang kemudian diharuskan menandatangani surat perjanjian, untuk tidak mengekploitasi orang untuk meminta-minta.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Agus Ririmasse juga menegaskan hal yang sama, sudah berulang kali ditertibkan tetapi selalu saja para anjal dan gepeng selalu muncul

Agus mengakui, mereka yang sebelumnya ditangkap saat razia kembali berulah, olehnya itu langkah tegas akan diambil dengan mengembalikan para gepeng maupun anjal ke daerah asal mereka.

Pantauan Tim Matamaluku.com yang ikut dalam razia, ada beberapa gepeng yang hendak melawan saat terjaring, bahkan ada gepeng yang sengaja menipu petugas saat hendak akan diamankan di bawah lokasi Jembatan Merah Putih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *