Pj Bupati Maluku Tengah Sidak Pasar Binaya untuk Pastikan Ketersediaan Pangan

  • Bagikan
Pj Bupati Malteng
Pj Bupati Malteng Inspeksi Mendakak di Pasar Binaya

Berita Maluku Tengah, Masohi – Penjabat Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Binaya Masohi pada Selasa (14/05/2024). Sidak ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan stok kebutuhan pokok di pasar serta untuk berdialog langsung dengan pedagang dan masyarakat.

Selama sidak, Pj Bupati Rakib Sahubawa secara langsung memantau harga dan ketersediaan bahan pokok, sebagai bagian dari upaya Pemerintah Daerah untuk mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas ekonomi di Kabupaten Maluku Tengah.

Rakib Sahubawa menegaskan komitmen Pemda Malteng untuk tanggap dalam mengendalikan inflasi dan melindungi daya beli masyarakat. Dia mengingatkan bahwa tradisi masyarakat menjelang musim haji dan Idul Adha berpotensi meningkatkan harga bahan pokok, sehingga diperlukan langkah-langkah tepat untuk mengendalikan inflasi.

Langkah-langkah sinergis yang diambil diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menekan laju inflasi di kota Masohi.

Pantauan DMS Media Group menunjukkan bahwa beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga, termasuk beras, telur, dan bumbu masak seperti cabe, bawang merah, dan bawang putih. Misalnya, harga beras subsidi naik dari Rp15.000 menjadi Rp16.000 per kg, sedangkan harga bawang putih naik dari Rp40.000 menjadi Rp50.000.

Pedagang di Pasar Binaya Masohi menjelaskan bahwa kenaikan harga telur dan gula pasir terjadi setelah Lebaran, karena stok menipis di tingkat agen. Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas lokal seperti cabai rawit, yang naik dari Rp15.000/kg menjadi Rp25.000 hingga Rp30.000/kg. MM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *