Pj Bupati Maluku Tengah Minta Warga Pulau Haruku Perkuat Persaudaraan

  • Bagikan
Pj Bupati Maluku Tengah Minta Warga Pulau Haruku Perkuat Persaudaraan

Haruku – Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Pulau Haruku, selama dua hari 15-16 Oktober 2022.

Pj. Bupati dan rombongan mendatangi 11 desa/negeri dalam rangka Safari Gerakan “Sapa Umat”, Pj. Bupati didampingi Ketua TP-PKK Maluku Tengah Bella Marasabessy dan rombongan melihat langsung kondisi warga di Negeri Kabau, Rohomoni, Hulaliu, Sameth, Haruku, Wassu dan negeri Oma.

Sebelumnya Pj. Bupati dan rombongan menyambangi warga Kariuw di pengungsian Negeri Aboru, serta warga negeri Pelauw, dan Kailolo pada Sabtu (15/10/2022).

Dalam arahannya saat tatap muka bersama warga, Marasabessy mengaku, selaku Penjabat Bupati ini adalah kunjungan pertama dirinya di 11 negeri di Pulau Haruku, sejak dilantik Gubernur Maluku, Murad Ismail, sebagai Penjabat Bupati Maluku Tengah, pada 12 September 2022 lalu.

“Kunjungan kerja ini merupakan momentum penting dan strategis dimana saya dapat melihat secara langsung capaian pembangunan di negeri-negeri se-Kecamatan Pulau Haruku serta membangun dialog dengan masyarakat untuk mengetahui apa saja kebutuhan dasar masyarakat yang perlu ditangani,” katanya.

Dirinya mengingatkan warga di daerah itu tetap merawat dan menjaga perdamaian di negeri ini. Sebab dengan kondisi negeri yang aman dan kondusif akan semakin memacu terlaksananya program kegiatan pembangunan.

Marasabessy berharap pertikaian antar negeri bahkan di dalam negeri-negeri adat di Haruku, kedepanya  tidak lagi terjadi.

Forkopimcam Pulau Haruku harus lebih proaktif melakukan langkah preventif termasuk secepatnya melokalisir daerah pertikaian agar tidak berdampak luas.

Dalam kunjungan itu, Pj. Bupati dan Ketua TP-PKK, menyerahkan bantuan beras untuk masyarakat Miskin Ekstrem, bingkisan anak, bantuan subsidi transportasi (ojek), bantuan jaminan sosial dampak inflasi, bantuan makanan siap saji dari Dinas sosial Provinsi Maluku, penyerahan dokumen kependudukan dan KIA, santunan korban konflik sosial dari Kemensos RI dan penyerahan 1 unit mobil ambulance untuk Puskesmas Haruku- Sameth.

“Bantuan itu sebagai wujud komitmen pemerintah untuk menolong masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Diharapkan program yang bersifat stimulus ini dapat dipertahankan dan jika perlu ditingkatkan agar usaha pemerintah dalam mengatasi kemiskinan ekstrem di daerah ini dapat terwujud,” ujarnya.

Turut mendampingi Pj. Bupati Maluku Tengah dalam kunjungan kerja itu yakni Ketua TP-PKK Maluku Tengah, Sekda Maluku Tengah, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua MUI Maluku Tengah dan Ketua Klasis Masohi serta Forkopimcam Pulau Haruku. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *