Peringati Hari Pattimura Ke-204 Di Saparua Wakil Bupati Didapuk Sebagai Upulatu

  • Bagikan
Hari Pattimura

Maluku Tengah – Bertempat dipusat kelahiran Pahlawan Nasional asal Maluku Kapitan Pattimura atau Thomas Matulessy di negeri Saparua kecamatan Saparua kabupaten Maluku Tengah diadakan peringati hari Pattimura ke 204 tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh wakil bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury yang didapuk sebagai Upulatu.

Usai mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan upacara, Marlatu Leleury  mengatakan, momentum perayaan 204 tahun Pahlawan Nasional Pattimura, sesuai tema yang diusung dalam peringatan hari Pattimura ke 204 tahun ini, yakni “Dengan semangat Pattimura kita ciptakan SDM unggul, Kreatif, Mandiri dan berprestasi dalam memerangi COVID-19 di provinsi Maluku.

Maka selaku Pattimura-Pattiumura muda, harus dapat merobah pola pikir untuk menciptkan hal-hal yang positif, salah satunya berpartisipasi membantu pemerintah dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekitar hingga ke masyarakat umum.

Dimasa kini, kata Leleury, perjuangan yang dilakukan bukan lagi menggunakan parang salawaku dan tombak, tetapi mengasah skill dan kemampuan yang dimiliki terutama para generasi muda Maluku, agar tidak tertinggal dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia terutama dalam pembangunan.

Leleury menegaskan sudah saatnya pola pikir generasi muda Maluku harus dirubah, tidak lagi hidup dalam kemalasan, tetap harus lebih giat bekerja pada seluruh sektor usaha yang bisa dikembangkan secara mandiri maupun berkelompok.

“Pattimura berperang dengan parang salawaku , dengan alat perang yang memang sederhana tapi saat ini kita tidak lagi , kita harus berperang melawan hidup kita , kita harus merobah pola pikir , supaya kita lihat anak – anak muda Maluku ini semangat yang di kobarkan harus membara di dalam kehidupan generasi muda kita, di Maluku kita punya SDA yang luar biasa , potensi – potensi luar biasa kita gali bersama kita kembangkan demi mewujudkan Maluku yang lebih sejaterah” Ujar Leleury.

Sementara itu ketua Latupati kecamatan Saparua Yance Sasbone, dalam peringatan hari Pattimura ke 204 yang dilaksankan ini, berharap kedepan pelaksanaan hari Pattimura nantinya semua komponen masyarakat baik dipulau Saparua, Haruku dan Nusaluat untuk dapat bersama-sama dalam peringatan hari Pattimura diwaktu yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama  Plt kepala kecamatan Saparua Timur Soter Naimena mengatakan dengan kondisi dan situasi pandemi COVID saat ini, maka seluruh kegiatan peringatan hari Pattimura ke 204 di pulau Saparua dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Hadir pada peringatan hari Pattimura ke 204 yang berlangsung di lapangan Pattimura negeri Saparua, selain wakil bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury bersama istri, hadir pula ketua Latupati dari beberapa negeri bersama para raja, Camat, bersama personil TNI-POLRI yang tengah menjalankan tugas di pulau Sparua termasuk para tamu undangan lain.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *