Pergatian Pejabat Negeri dan Desa Atas Usulan BPD

  • Bagikan
Pergatian Pejabat Negeri dan Desa Atas Usulan BPD

Ambon – Pergantian Pejabat Negeri dan Desa bisa dilakukan jika mendapat usulan dari Saniri atau Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tempat dimana seorang ditugaskan menjalankan tugas pemerintahan di negeri maupun desa.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Emma Waliulu saat di wawancarai Tim Matamaluku.com, di Balai kota Ambon, terkait beberapa pejabat yang sampai saat ini bertugas melewati Surat Keputusan (SK) Walikota.

“Pergantian pejabat negeri dan desa di kota Ambon tergantung usulan BPD dan saniri tempat pejabat tersebut bertugas. Sampai saat ini memang masih ada beberapa pejabat yang bertugas melebihi SK mereka, itu karena  usulan dari Saniri dan BPD yang mempertahankan pejabat tersebut” kata Waliulu di Balai kota Ambon,Jumat (08/10).

Waliulu mencontohkan, pejabat yang bertugas di negeri Halong yang sampai saat ini tetap dipertahankan, karena Saniri dan BPD mereka telah menyampaikan surat untuk memperpanjang masa tugas pejabat. “Berdasarkan surat masuk tersebut, Bagian Tata Pemerintahan kota Ambon mengijinkan untuk tetap bertugas karena masih memenuhi kriteria masyarakat setempat”ujarnya

Demikian halnya untuk Negeri Batu Merah dan Desa Waiheru usulan pergantian pejabat sudah disampaikan dan Bagian Tata Pemerintahan sedang memprosesuntuk disampaikan kepada Walikota Ambon.

Dia memastikan, pergantian Pejabat di dua daerah itu dilakukan sesuai permintaan Saniri dan BPD yang mengusulkan.

Berdasarkan ketentuan tiga bulan sebelum SK masa jabatan berakhir usulan dari Saniri dan BPD sudah harus dimasukan sehingga dapat diproses di Bagian Tata Pemerintahan.

“Untuk beberapa negeri dan desa lain sampai saat ini belum mengusulkan pergantian atau mempertahankan pejabat yang bertugas di negeri dan desa mereka seperti Negeri Passo”katanya. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *