Pemkot dan PT. Pos Indonesia Cabang Ambon Kerja Sama Penyaluran Bantuan Subsidi BBM

  • Bagikan
Pemkot dan PT. Pos Indonesia Cabang Ambon Kerja Sama Penyaluran Bantuan Subsidi BBM

Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan segera mengucurkan anggaran bantuan subsidi warga terdampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Ambon.

Untuk mempercepat penyaluran bantuan tersebut, Pemkot bersama PT. Pos Indonesia Cabang Ambon melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Penandatanganan MoU dilakukan Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena dan GM KCU PT. Pos Indonesia Cabang Ambon Vicky Vidianto di Balai Kota Ambon, Rabu (19/10/2022).

Vicky Vidianto menyatakan, PT. Pos Indonesia Cabang Ambon dalam penyaluran bantuan pemerintah ini, pihaknya akan membangun koordinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Perikanan terkait data keluarga penerima manfaat (KPM).

Vicky memastikan paling lambat dalam waktu empat hari kedepan bantuan ini dapat tersalurkan seluruhnya kepada penerima manfaat.

“Penyaluran nantinya lebih fokus pada komunitas skala kecil secara door to door agar lebih cepat dan efektif,” ujar Vicky.

Berdasarkan data Dinas Sosial jumlah bantuan yang diserahkan sebanyak 2000 penerima.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menjelaskan sasaran warga yang merasakan betul dampak dari kenaikan harga BBM ini yakni para nelayan dan juga pengojek.

Pemkot Ambon pun telah mendata dan memverifikasi para penerima bantuan subsidi BBM itu berdasarkan nama dan alamat tempat tinggal penerima manfaat.

“Untuk para nelayan sebanyak 1.385 penerima BBM subsidi selama tiga bulan,” ujar Wattimena.

Sesuai hasil verifikasi terakhir, untuk penerima bantuan yakni pengojek berjumlah 464 orang. Total subsidi BBM diterima yakni tiga bulan Rp490,680 juta.

Sementara bagi nelayan terdata 1.385 orang penerima, dengan anggaran sebesar Rp1,171 miliar lebih hingga tiga bulan.

Bantuan subsidi BBM ini selain untuk meringankan warga terdampak kenaikan harga BBM tapi juga untuk menekan inflasi di Ambon. Mengingat, inflasi di Ambon saat ini tengah berada di angka 4,47 persen.

Melalui kerja sama Pemkot dan Kantor Pos, paling lambat diharapkan pekan depan penyaluran subsidi BBM tepat sasaran penerima manfaat itu bisa dilakukan. Agar dampak langsung bantuan tersebut dapat dirasakan dan dimanfaatkan. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *