Pemkot Ambon Lanjutkan Kerja Sama Sister City Dengan Vlissingen Belanda

  • Bagikan
Pemkot Ambon Lanjutkan Kerja Sama Sister City Dengan Vlissingen Belanda

Ambon  РPemerintah Kota (Pemkot) Ambon tetap melanjutkan kerja sama sister city (kota kembar) dengan Vlissingen Belanda di berbagai bidang, karena dampak dari kerja sama yang selama ini telah terbangun manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Wendy Pelupessy mengatakan, kerja sama yang selama ini telah dilakukan dengan Pemkot Ambon dengan Vlissingen tetap dilanjutkan terutama di bidang kesehatan, pendidikan dan lainnya.

Pelupessy menjelaskan, banyak hal yang telah dilakukan Pemerintah Vlissingen kepada Kota Ambon di sejumlah bidang seperti bidang kesehatan yakni pembangunan klinik mata Vlissingen Ambon (VA) di Desa Passo, pelaksanaan operasi katarak, operasi urologi dan operasi bibir sumbing bahkan untuk program pendidikan kesehatan dan kesehatan jantung.

Bidang kebersihan dan pengelolaan sampah, serta bidang pariwisata yakni pengembangan dan promosi wisata di Belanda melalui kegiatan pasar malam.

Pelupessy menyatakan, tindak lanjut kerja sama merupakan upaya membantu masyarakat yang tidak mampu untuk dapat menikmati layanan kesehatan gratis dari tim dokter Belanda.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat peningkatan kesejahteraan masyarakat, maupun peningkatan kualitas tenaga kesehatan.

Bantuan terbaru yang di berikan pemerintah Vlissingen melalui Yayasan Stichting Samenwerking Vlissingen Ambon (SSVA) yaitu bantuan alat Automated External Defibrillator (AED), yakni alat medis yang dapat menganalisis irama jantung secara otomatis kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Bantuan sebanyak lima unit alat AED tersebut, telah didistribusikan ke sejumlah Puskesmas di Kota Ambon sebagai bentuk pertolongan pertama bagi orang yang mengalami serangan jantung,

Ketua Yayasan SSVA, Niko Lopulissa menyatakan pandemi COVID-19 membatasi kerja sama Pemerintah Vlissingen dan Pemkot Ambon namun tahun ini  kembali dilanjutkan dengan penyerahan bantuan alat AED untuk Puskesmas.

Selain memberikan bantuan, juga dilakukan workshop penatalaksanaan kegawatdaruratan medis dengan Penggunaan AED untuk dokter, perawat dan para medis di lingkup Pemkot Ambon guna memberikan pengetahuan tentang prosedur dalam penatalaksanaan gawat darurat medis dengan penggunaan AED yang benar,

Dinas Kesehatan Kota Ambon beserta SSVA bekerja sama dengan PT Modern Jaya Farma dan Philips. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *