Pemkot Ambon Lakukan Kajian, Relokasi dan Revitalisasi Benteng Victoria

  • Bagikan
Pemkot Ambon Lakukan Kajian, Relokasi dan Revitalisasi Benteng Victoria

Ambon – Proses Revitaslisasi Benteng Victoria saat ini masuk tahap sosialisasi lahan. Pemerintah kota Ambon tengah melakukan kajian bersama Dirjen Kebudayaan RI untuk proses relokasi Markas Kodam XVI Pattimura dan revitalisasi Benteng Viktoria yang akan dijadikan cagar budaya di kota Ambon.

Kepala Bappeda Litbang kota Ambon Enrico Matitaputty mengatakan, upaya Pemerintah Kota untuk menjadikan Benteng Victoria sebagai cagar budaya, mendapat respon positif dari Kementerian terkait termasuk Kementerian Pertahanan

Rencana revitalisasi dan relokasi Markas Kodam XVI Pattimura akan dipindahkan ke lokasi baru di   kawasan Tawiri,Kecamatan Teluk Ambon.

Dikatakan saat ini Pemkot Ambon sementara melakukan kajian dengan Dirjen Kemendiknas Kebudayaan RI karena seluruh proses termasuk pembebasan lahan dan revitalisasi harus melalui kajian.

Diasebutkan tim teknis dari Kementerian telah memfasilitasi dan sambil menungu proses itu berjalan berbagai langkah proses tahap pertama dan ke dua telah selesai dilakukan.

Saat ini masih menyisahkan tahapan sosialisasi kepada pemilik lahan yang akan dijadikan Markas Kodam XVI Pattimura. “Kebutuhan lahan itu sekitar 60 sampai dengan 80 hektar nilainya belum di tentukan, karena kajian revitalisasi bentengnya dulu baru kita bisa berproses yang lain”Kata Enrico

Ditambahkan Matitaputty, anggaran pengadaan lahan menggunakan APBD kota Ambon sementaraa digodok.  Jika kajian revitalisasi dan relokasi Benteng telah selesai dilakukan, proses selanjutnya adalah pembelian lahan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *