Pemkot Ambon Gelar Festival Pangan B2SA dan Dimenangkan Oleh Kecamatan Sirimau

  • Bagikan
Pemkot Ambon Gelar Festival Pangan B2SA dan Dimenangkan Oleh Kecamatan Sirimau

Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pertanian melaksanakan festival Pangan Beragam, Bergizi seimbang dan Aman (B2SA) dengan tema “Cegah Stunting Dengan Menu B2SA”.

Sebanyak lima perwakilan dari lima Kecamatan mengikuti festival lomba B2SA tingkat kota Ambon dan Kecamatan Sirimau dinyatakan keluar sebagai pemenang lomba.

Pemenang dari Kecamatan Sirimau nantinya akan mewakili Kota Ambon mengikuti festival panganan lokal B2SA tingkat Provinsi Maluku yang akan digelar pada 17 November mendatang.

Ketua Tim Pengerak PKK kota Ambon Debbie Louhenapessy meminta, PKK di Kecamatan dan desa kelurahan menjadi garda terdepan, pengolahan dan penyajian makanan bergizi terutama pada ibu hamil, menyusui dan balita .

Kegiatan yang dilaksanakan di Tribun Lapangan Merdeka Kota Ambon, Rabu (10/11/2021), dibuka oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Ambon, Ny. Debbie Louhenapessy.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy, menjelaskan kualitas Sumber Daya Manusia yang baik ditentukan oleh seberapa bagus setiap orang mengimbangi pangan.

“Olehnya itu pemerintah mendorong program B2SA dilaksanakan dengan memberikan menu – menu lokal seperti umbi – umbian agar apa yang di khawatirkan dalam bentuk stunting semakin berkurang,”kata Walikota.

Dalam acara festival pangan ini juga hadir chef Norman Ismail yang menilai sekaligus memperagakan masakan B2SA yang mudah dan bergizi, dan kegiatan di tutup dengan pemberian hadiah piagam sekaligus bonus bagi peserta lomba.

Dikatakan, untuk menyediakan pangan yang bergizi tidak harus mahal, karena ada potensi pangan lokal yang dapat diolah sebagai pangan B2SA dalam pencegahan stunting.

Menurut Walikota, festival pangan B2SA harus terus didorong, untuk mengurangi kasus stunting karena faktor gizi. Dengan Menu B2SA, makanan yang disajikan, lanjutnya, tidak hanya variatif, namun juga dalam porsi yang seimbang.

Walikota berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat di Kota Ambon terus diingatkan untuk dapat menyediakan makanan bergizi setiap hari guna memenuhi kebutuhan keluarga.

Pemkot Ambon dalam Festival Pangan B2SA untuk pencegahan stunting, turut menghadirkan Celebrity Chef, Norman, yang memberikan demo masak bagi peserta dan menjadi juri dalam kegiatan ini. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *