Pemkot Ambon Akan Naikan Tarif Parkir Dan Berlakukan Zona Strategis

  • Bagikan
Tarif Parkir

Ambon – Pemerintah kota (Pemkot) Ambon dalam lima hari kedepan akan menaikan tarif parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat sekaligus akan memberlakukan peraturan parkir per jam pada lima ruas jalan zona strategis di kota Ambon.

Lima ruas jalan zona strategis di kota Ambon yang akan diberlakukan parkir progresif atau parkir per jam meliputi ruas jalan A Y Patty, Said Perintah, jalan Diponigoro, A M. Sangadji dan jalan Sam Ratulangi, dimana untuk parkir satu jam pertama adalah Rp4.000 dan untuk tiap jam berikutnya akan ditambahkan Rp2.000.

Demikian disampaikan walikota Ambon Richard Louhenapessy, saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan dibalai kota Ambon, pada Senin, 17/05/2021, terkait rencana dimaksud.

Dikatakan walikota sektor transportasi merupakan salah satu yang memberikan kontribusi cukup siknifikan bagi pendapatan daerah yakni mencapai kurang lebih 5 miliar, namun sesuai hasil analisa maka angka tersebut bisa melebihi jika adanya penerapan baru yang nantinya diberlakukan oleh pemerintah kota Ambon.

Oleh karena itu, pemerintah kota Ambon akan menata kambali sektor transportasi sehingga pendapatan Asli Daerah (PAD) akan lebih meningkat dan langkah ini sekaligus mendisiplinkan warga kota terutama pada jalur – jalur jalan strategis yang memiliki potensi ekonomi kota pada lima jalur jalan tersebut diwilayah kota Ambon.

Dalam kaitan dengan pemanfaatan zona – zona strategis itu, selaku wailkota dirinya  telah menerbitkan peraturan walikota nomor 16 tahun 2021 tentang tarif retribusi pelayanan parkir ditepi jalan umum pada zona – zona yang strategis dengan tarif progresif yakni perkir per jam.

Dimana yang dulunya pengguna jalan dapat memarkirkan kendaraanya dari pagi sampai malam dan hanya bayar sekali, maka nantinya dengan diberlakukan aturan baru tersebut, maka  satu jam pertama akan di kenakan tarif Rp4.000 dan pada jam berikutnya akan ditambahkan Rp2.000 kelipatanya pada setiap jam.

“Dalam kaitan pemanfaatan zona strategis itu, lalu saya menerbitkan Peraturan Walikota Perwali nomor 16 tahun 2021 tetntang pengaturan biaya parkir pada zona – zona yang strategis secara normative untuk biaya parkir itu dapat digunakan dengan pendekatan tarif progresif oleh karena itu pada lima zona ini akan kita gunakan tarif progresif yaitu dengan sistim parkir per jam” Ujar Walikota.

Lebih lanjut dikatakan walikota, selian penerapan zona strategis, pemerintah kota Ambon juga menaikan tarif parkir pada zona bebas bagi kendaraan roda dua maupun roda empat dimana sebelumnya untuk kendaraan roda dua hanya dikenakan tarif Rp2.000 untuk sekali parkir kini manjadi Rp3.000 dan untuk kendaraan roda empat naik menjadi Rp5.000 per sekali parkir pada zona bebas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *