Pemkab Maluku Tengah Salurkan Bantuan ke Negeri Yainuelo

  • Bagikan
Pemkab Maluku Tengah Salurkan Bantuan ke Negeri Yainuelo

Masohi – Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah Mauhamat Marasabessy melakukan kunjungan kerja dalam Rangka Gerakan Safari Sapa Umat, Safari Kampung Nelayan dan Pencanangan Kampung Reforma Agraria bertempat di Negeri administratif Yainuelo, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Dalam kunjungan tersebut, Pj. Bupati Muhamat Marasabessy menyerahkan sejumlah bantuan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah bagi warga, sekaligus dilakukan pencanangan kampung nelayan dan pencanangan kampung reforma agraria.

Pj. Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy dalam sambutannya mengatakan, kunjungan yang dilakukan merupakan bagian dari gerakan Sapa Umat, Kalesang Negeri, berakhlak dan berbudaya, sekaligus safari kampung nelayan.

Marasabessy berharap, bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan secara baik dan bertanggungjawab. Bantuan ini bersifat stimulan, untuk memotivasi masyarakat lebih giat bekerja, berusaha dan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya yang tersedia di negeri ini.

“Gerakan Sapa Umat Berakhlak dan Berbudaya merupakan agenda prioritas yang telah dicanangkan untuk mendorong peran dan partisipasi aktif masyarakat dalam merawat dan melestarikan lingkungan dan alam sekitar agar tetap bersih dan sehat,” ujar Marasabessy.

Melalui program itu, dirinya yakin akan terbangun kesadaran masyarakat untuk terus menjaga suasana hidup yang rukun, damai dan harmonis di tengah kemajuan dan pluralisme.

Marasabessy optimis, gerakan ini akan menjadi salah satu sarana dalam mendorong percepatan pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Negeri Yainuelo.

Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan maka Pemkab Maluku Tengah akan terus berupaya memfasilitasi dan memenuhi berbagai kebutuhan nelayan di kampung ini, termasuk melakukan pendampingan, pembinaan secara berkesinambungan.

Untuk diketahui, bantuan yang diberikan yakni dari Dinas Koperasi berupa bibit jagung, dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura bantuan rumah produksi pakan ternak Ruminansia untuk ternak sapi dan kambing, dua ekor ternak sapi, serta anakan pala dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Maluku Tengah.

Selain itu pemberian bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan kakap kepada kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN) Simbermi, satu unit peralatan pengolahan ikan asap dan sertifikat kecakapan nelayan untuk 44 kelompok nelayan.

Dalam kesempatan ini juga, Marasabessy menyerahkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, bantuan beras 7 ton untuk masyarakat miskin sebanyak 290 Kepala Keluarga, serta bingkisan untuk anak sebanyak 647 paket, satu peralatan penetasan (Hatchery) skala rumah tangga serta pemberian subsidi BBM untuk 180 orang serta beras untuk masyarakat miskin ekstrem dan sejumlah bantuan lainnya. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *