Pemkab Maluku Tengah Modernisasi Alat Pertanian untuk Tingkatkan Produksi Pangan

  • Bagikan
Alat Pertanian
Pemkab Malteng Modernisasi Alat Pertanian dan Cetak Sawah Baru

Berita Maluku Tengah, Masohi – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Pemkab Malteng) terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan di wilayahnya melalui modernisasi alat pertanian dan perluasan lahan sawah baru.

Kawasan Seram Utara di Pulau Seram dipilih sebagai salah satu sentra produksi pangan di Provinsi Maluku, selain Pulau Buru dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Maluku Tengah, Arsad Slamat, menyatakan bahwa modernisasi alat pertanian dan perluasan lahan sawah menjadi fokus utama Pemkab Malteng untuk meningkatkan produksi pangan.

Salah satu upaya tersebut adalah pencetakan lahan sawah baru di Desa Namto, Kecamatan Seram Utara Timur Seti. Arsad berharap bahwa dalam satu hingga dua tahun ke depan, upaya ini dapat mengatasi kekurangan tenaga kerja tani dan memungkinkan perluasan lahan persawahan yang memiliki potensi besar.

Untuk mendukung peningkatan produksi pangan di kawasan Seram Utara, Kementerian Pertanian (Kementan) RI menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani (poktan) di Desa Namto, Kecamatan Seram Utara Timur Seti. Bantuan ini bertujuan untuk memperluas areal tanam padi pada tahun 2024.

Penyerahan alsintan dilakukan oleh Kepala Balai Besar Peralatan Pertanian, Agung Prabowo, bersama Kepala BSIP Provinsi Maluku, Kardiono, serta Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Malteng, Arsad Slamat. Alsintan yang diserahkan meliputi 9 unit hand tractor, 4 unit tractor roda empat, mesin pompa air, dan 9 unit mesin cultivator.

Diharapkan dengan bantuan alsintan ini, produksi pangan di Kabupaten Maluku Tengah akan terus meningkat sehingga wilayah ini dapat menjadi salah satu sentra produksi pangan di kawasan timur Indonesia, khususnya di Provinsi Maluku.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *