Pemkab Buru Launching Pembayaran Pajak Secara Online

  • Bagikan
Pemkab Buru Launching Pembayaran Pajak Secara Online

Kabupaten Buru, Namlea – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru menjalin kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) launching pembayaran pajak secara online untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy menilai kerja sama ini, sebagai integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola pemerintah yang efisien.

Kegiatan ini menjadi awal pelaksanaan pemungutan PBB secara online di Kabupaten Buru sebagai salah satu sektor penyumbang terbesar PAD di tahun 2022.

“Perangkat teknologi saat ini menjadi kebutuhan yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam setiap pekerjaan, jika hal ini tidak dapat digunakan maka daerah tersebut akan mengalami ketertinggalan karena semua sistem mulai dibangun secara terintegrasi,” kata Salampessy.

Pemerintah Kabupaten Buru mulai melakukan inovasi salah satu adalah pelayanan pembayaran pajak yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini masyarakat bisa langsung melakukan pembayaran secara online.

Salampessy berharap kedepannya hal yang sama juga diberlakukan di sektor yang lain termasuk transaksi pada tingkat masyarakat akan dikembangkan secara online.

“Ini salah satu upaya mendekatkan pelayanan publik dengan teknologi informasi dalam semua sektor pembangunan,” ujarnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buru, Aziz Tomia menyebutkan kerja sama yang dibangun bersama BNI meliputi dua jenis objek pajak yakni pajak PBB-P2 BPHTB secara online.

Aziz menjelaskan, pihaknya menyiapkan perangkat digitalisasi untuk pelayanan pajak dan retribusi secara online, sesuai target di akhir tahun pembayaran pajak dan retribusi seluruhnya telah menggunakan aplikasi sistem sehingga tidak ada lagi kebocoran.

Disela-sela kegiatan Launching tersebut, Penjabat Bupati Buru menyerahkan sertifikat tanah kepada Pengadilan Negeri Namlea dan Polres Kabupaten Buru, sekaligus penyerahan SPPT-PBB kepada Pimpinan Kecamatan se-Kabupaten Buru. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *