Pemda Buru Lepas 6 Peserta Paskibraka, Satu Wakili Maluku ke Tingkat Nasional

  • Bagikan
Paskibraka Buru
Pemda Buru Lepas 6 Peserta Paskibraka,1 Ke Tingkat Nasional

Berita Buru, Namlea – Pemerintah Daerah Kabupaten Buru, melalui Sekretaris Daerah M. Ilias Hamid, secara resmi melepas enam siswa calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), dengan salah satu di antaranya mewakili Provinsi Maluku di tingkat nasional.

Pelepasan ini berlangsung di ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Buru pada Sabtu, 9 Juli 2024. Satu siswa asal Kabupaten Buru yang akan mewakili Provinsi Maluku di tingkat nasional adalah Asih Arum Lestari, siswa SMA Negeri Dua Buru. Sementara lima siswa lainnya, yaitu Suci Ramadhani, Santi Kao, M. Yusuf Zylvardo Banjar, Alvaro Fabridzio Saher, dan Rasya Aditya Wardana Roroa, akan mewakili Kabupaten Buru di tingkat provinsi.

Asih Arum Lestari berhasil lolos setelah melewati serangkaian seleksi ketat di tingkat provinsi dan verifikasi calon Paskibraka tingkat nasional tahun 2024. Sekretaris Daerah Kabupaten Buru, M. Ilias Hamid, mengapresiasi pencapaian para siswa tersebut dan memberikan pesan agar mereka berlatih dengan sungguh-sungguh untuk mengharumkan nama daerah.

“Anggota Paskibraka harus mampu menunjukkan kualitas mereka sebagai duta Bumi Bupolo,” ujar Hamid. Khusus untuk Asih Arum Lestari, Sekda berpesan agar ia lebih serius dalam berlatih dan menjaga kesehatan selama pemusatan latihan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buru, Abdul Basir Toisuta, juga menyampaikan kebanggaannya. “Dari lima calon yang lolos seleksi, Kabupaten Buru berhasil mengirimkan satu perwakilan Paskibraka ke tingkat nasional 2024,” katanya.

Toisuta berharap para peserta Paskibraka yang mewakili Kabupaten Buru dan Maluku dapat memberikan penampilan terbaik mereka, berlatih maksimal, dan menjalin hubungan baik dengan anggota Paskibraka dari seluruh provinsi.

Asih Arum Lestari dijadwalkan berangkat ke Jakarta pada 12 Juli bersama satu wakil lainnya dari Maluku Tengah untuk menjalani pendidikan dan latihan (Diklat) di pemusatan latihan Paskibraka Nasional di Cibubur. Dia akan berada di sana hingga pemberangkatan ke Ibu Kota Negara (IKN) pada 10 Agustus 2024.

Asih Arum Lestari mengaku sangat terharu dan bahagia bisa lolos mewakili Maluku di tingkat nasional setelah melewati tahapan seleksi yang panjang. Dia meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Maluku agar sukses dalam pemusatan latihan dan mampu mengharumkan nama Maluku di perhelatan nasional, Upacara 17 Agustus di IKN, Kalimantan Timur.

Sebagai latar belakang, Asih Arum Lestari adalah siswa SMA Negeri Dua Buru dan anak petani yang sehari-hari membantu orangtuanya di warung. Ia dikenal sebagai anak yang penyabar dan penyayang terhadap kedua orangtuanya. MM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *