Pelayanan Administrasi di Maluku Tengah Sementara Dialihkan Via Online

  • Bagikan
Pelayanan Administrasi di Maluku Tengah Sementara Dialihkan Via Online

Maluku Tengah, Masohi – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) untuk sementara mengalihkan seluruh pelayanan administrasi data kependudukan secara online baik e-KTP, Akte dan lainnya.

Kepala Disdukcapil Maluku Tengah, Nova Anakotta ditemui Tim Matamaluku.com di ruang kerjanya mengatakan, Disdukcapil mengalihkan sementara pengurusan adminsitrasi via online, mempertimbangkan tingginya kasus terkonfirmasi corona di daerah itu beberapa hari belakangan.

“Sejumlah nomor Whatsapp disiapkan agar nantinya masyarakat yang akan melakukan pengurusan administrasi kependudukan, dapat langsung menghubungkan nomor yang ada dan petugas akan melayani secara online tanpa perlu mendatangi kantor Disdukcapil”kata Anakotta

Kendati kebijakan melalui via online, Anakotta menggaransikan perekaman dan pembuatan e-KTP sebanyak 50 e-KTP per-hari, khusus bagi warga pemula usia 17 tahun, untuk kepentingan perkuliahan maupun lamaran kerja.

Disebutkan, kendati via online pihaknya berupaya memberikan pelayanan secara maksimal bagi masyarakat. Jika kondisi pandemi berangsur membaik pelayanan administrasi data kependudukan akan kembali seperti biasanya.

Anakotta mengakui saat ini ketersediaan blanko e-KTP di Disdukcapil Maluku Tengah tersisa 1.500 blangko dan ini tidak sebanding dengan kebutuhan di daerah itu.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihak telah menyurati Pemerintah Provinsi untuk mohon bantuan penambahan blangko e-KTP, mengingat belum adanya pengiriman blangko dari Dirjen Capil Kementerian Dalam Negeri.

“Puji Tuhan. kami mendapatkan kabar kalau kami diberikan penambahan 1000 blangko e-KTP, sambil menunggu usulan ke pusat lewat Dirjen Capil” kata Anakotta.

Dia menambahkan, Disdukcapil juga melakukan rehabilitasi sarana dan prasarana gedung kantor yang diberikan Pemda Maluku Tengah, termasuk melakukan perbaikan sejumlah peralatan dan perangkat pendukung guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan tempat yang lebih representative, pelayanan yang dibeikan kepada masyarakat lebih maksimal”kata Anakotta menambahkan. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *