Pelaksaanan Vaksinasi Untuk Ibu Hamil di Kota Ambon Jauh Dari Harapan

  • Bagikan
Pelaksaanan Vaksinasi Untuk Ibu Hamil di Kota Ambon Jauh Dari Harapan

Ambon – Pelaksanaan Vaksinasi untuk Ibu Hamil yang di launching Pemerintah Kota Ambon pada Jumat,(20/08)  jauh dari harapan. Ibu hamil yang menerima Vaksin tercatat sebanyak 56 orang, padahal Pemkot menargetkan sebanyak 200  Ibu hamil mendapat vaksin pada hari pertama tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy di konfirmasi Tim Matamaluku.com mengakui, tidak tercapainya target pemberian vaksin ibu hamil di hari pertama Launching karena tidak semua  mendapat persetujuan keluarga untuk di vaksin.

“Kemarin itu dua ratus orang ibu hamil sebelumnya telah menyetujui untuk ikut vaksinasi, akan tetapi ketika dijemput untuk menerima vaksin ada yang menolak, ada yang susah dihubungi karena handphonenya mati dan juga tidak diperbolehkan oleh suami, orang tua keluarga dengan alasan takut dan lainnya”kata Pelupessy.

Wenndy menjelaskan, dari pemantauan dan  evaluasi oleh tim medis  Puskesmas kondisi kandungan dan janin stabil dan normal.

Dirinya memaklumi rasa takut pihak suami maupun keluarga yang tidak membolehkan saudara atau istrinya di vaksin. Kendati demikian Wenndy mengatakan vaksinasi penting untuk mencegah ibu hamil terpapar COVID-19, karena ibu hamil sangat rentan terpapar virus tersebut.

Vaksin COVID-19 yang diperbolehkan oleh POGI adalah vaksin dari Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Sinovac, dan Sinopharm.

Disebutkan, target vaksinasi ibu hamil di Kota Ambon sesuai data sebanyak 1.980 orang, dengan dosis vaksin tersedia sebanyak 4000.

Wenndy juga meminta masyarakat untuk dapat mendukung pemberian vaksinasi kepada ibu hamil. Karena menurutnya, vaksinasi untuk ibu hamil ini dilakukan agar dapat melindungi ibu dan janin dari resiko terpapar virus COVID-19.

“Ibu hamil termasuk kelompok yang rentan mengalami COVID-19 yang lebih parah. Selain itu, Ibu hamil yang terkena COVID-19  parah juga berisiko mengalami persalinan preterm, keguguran, hingga kematian”ujarnya.

Diketahui, saat ini jumlah masyarakat Kota Ambon yang sudah divaksinasi sebanyak 141.026 dari orang atau 51,04 persen dari  target sebanyak 274.194 warga Ambon. Jumlah Nakes yang sudah di Vaksin sebanyak 657 atau 21 % sedangkan Vaksin anak sebanyak 974 atau 8.8%. Maamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *