Pekan Depan Disdukcapil Maluku Tengah Buka Layanan Adminduk Secara Manual

  • Bagikan
Pekan Depan Disdukcapil Maluku Tengah Buka Layanan Adminduk Secara Manual

Maluku Tengah, Masohi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Maluku Tengah pekan depan menjadwalkan membuka kembali layanan administrasi kependudukan (adminduk) secara manual atau tatap muka bagi warga.

Kepala Dinas Dukcapil Maluku Tengah Nova Anakotta mengatakan, sebelum memasuki masa transisi layanan administrasi kependudukan dioptimalkan dengan sistem online atau daring.

Nova menjelaskan, bagi warga yang mengajukan permohonan langsung atau tatap muka dan mengambil dokumen di loket pelayanan harus menerapkan ketentuan protokol kesehatan di tempat kerja yakni, pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, serta menerapkan physical distancing.

Menurutnya, masyarakat diberikan ruang untuk datang ke unit layanan tentunya harus memperhatikan protokol pencegahan penularan COVID-19, termasuk berpakaian rapi.

Selain layanan tatap muka, Disdukcapil masih memberlakukan pelayanan secara online di tingkat kelurahan dan desa/negeri hingga di Kecamatan.

Disdukcapil Maluku Tengah saat ini memiliki dua fasilitas gedung, untuk memaksimalkan pelayan adminduk kepada warga.

Bagi warga yang harus melakukan perekaman e-KTP hal yang tidak bisa dihindari adalah kondisi di mana pemohon harus melakukan kontak dengan jarak yang cukup dekat.

Disebutkan, khusus bagi warga yang datang mengurus adminduk kerabat dikarenakan kondisi tertentu harus menyertakan surat kuasa dari orang yang bersangkutan.

“Blanko baik e-KTP dan KIA cukup tersedia. Untuk blanko e-KTP saat ini tersedia sebanyak 7000 dan KIA sebanyak 30.000″ungkap Nova.

Dia menambahkan Disdukcapil Maluku Tengah, juga melakukan kegiatan jemput bola berupa layanan adminduk keliling terlebih di wilayah pelosok yang jauh dari akses layanan. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *