Nakes Kota Ambon Akan Ke Rumah Warga Untuk Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia

  • Bagikan
Nakes Kota Ambon Akan Ke Rumah Warga Untuk Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia

Ambon – Dinas Kesehatan kota Ambon merencanakan kunjungan langsung ke rumah – rumah warga untuk melakukan vaksinasi COVID-19 kepada warga, terutama kepada mereka yang Lanjut Usia (Lansia), oleh tenaga kesehatan Puskesmas pada wilayah kerja masing-masing.

Demikian katanya langsung oleh Kepala Dinas kesehatan kota Ambon Wenddy Pelupessy saat di wawancarai sejumlah wartawan, disela-sela mengikuti kegiatan safari Ramadan Pemerintah kota Ambon di dusun Air Ali Negeri Rumah Tiga Rabu 05/05/2021.

Kepada tim Matamaluku.com Pelupessy mengatakan vaksinasi kepada lansia itu prioritas pemerintah karena Lansia merupakan kelompok rentang terkena COVID-19, untuk itu berbagai  cara di lakukan oleh  Dinas Kesehatan kota guna memastikan para Lansia dapat mengikuti vaksinasi.

Beberapa cara yang telah dilakukan pihaknya yakni pada setiap Puskesmas melakukan kegiatan vaksinasi pada malam hari untuk para Lansia, pada lingkungan tempat tinggal disekitar Puskesmas yang ada, dengan demikian maka diharapkan akan semakin banyak para lansia yang datang untuk divaksinasi .

Sementara itu, kata Pelupessy, jumlah total warga kota Ambon yang telah divaksinasi sebanyak 35.704 orang, kusus para Lansia sampai dengan saat ini yang telah melakukan vaksinasi sebanyak 8.490 orang dengan total kseluruhan masih pada kisaran 37,6 persen.

Angka diatas, kata Pelupessy masih jauh dari standar Herd immunity yakni 75 persen dari total jumlah penduduk pada satu daerah, untuk itu dinas Kesehatan kota Ambon terus melakukan berbagai upaya guna memastikan warga kota Ambon melakukan vaksinasi.

Saat ini pihak sementara melakukan vaksinasi kepada para karyawan pada sejumlah perusahan-perusahan yang mempunyai tenaga kerja yang berhubungan langsung dengan orang lain, dengan demikian maka langkah pencegahan resiko tertularnya virus COVID-19 dapat diantisipasi.

“Vaksinasi sampai sekarang 35.704 orang yang di vaksin itu sampai kemarin lansia di angka 8.490, masih di 37, 6 persen  tapi di harapkan harus 75 persen kalau untuk lansia itu kita berharap seluruh lansia itu tervaksinasi karena mereka masuk dalam kelompok rentan yang mudah terpapar COVID-19, kami juga siap melakukan kunjungan rumah, mungkin selesai lebaran ini kita lebih fokus” Ujar Pelupessy.

Saat ini, masih rendah kepedulian dari para  Lansia untuk ikut melaksanakan vaksinasi,  olehnya itu Dinas Kesehatan meminta dorongan keluarga yang mempunyai Lansia untuk membawa mereka untuk melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan yang tersedia.

Lebih lanjut Pelupessy mengatakan sesuai arahan yang baru di keluarkan oleh Menteri Kesehatan, bahwa nantinya setiap keluarga yang berhasil membawa Lansia untuk di vaksin, maka sebagai bentuk apresiasi, yang bersangkutan juga dapat di vaksin walaupun belum masuk dalam proritas vaksinasi COVID-19. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *