banner 325x300

Miliarder Ceko Petr Kellner Meninggal Dalam Kecelakaan Helikopter

  • Bagikan
Miliarder Ceko Petr Kellner Meninggal Dalam Kecelakaan Helikopter

Prague – Petr Kellner, orang terkaya di Republik Ceko dan pendiri kelompok investasi PPF, meninggal dalam kecelakaan helikopter dalam perjalanan ski di Alaska.

Petr Kellner Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Helikopter

Kellner, 56, termasuk di antara lima, termasuk pilot, tewas pada Sabtu dalam kecelakaan di dekat Gletser Knik timur laut Anchorage, kata Pasukan Negara Bagian Alaska.

Seorang korban selamat dibawa ke rumah sakit, kata mereka, seraya menambahkan bahwa kelompok itu telah melakukan tur heli-ski.

Kellner, yang menghindari perhatian publik, ditampilkan dalam satu laporan tahunan PPF di papan seluncur salju.

Seorang juru bicara Tordrillo Mountain Lodge yang eksklusif, tempat para korban kecelakaan menginap, mengatakan Kellner sering menjadi tamu sejak 2012.

Kellner adalah tokoh yang menjulang tinggi di era pasca-komunis Republik Ceko, mengumpulkan kekayaan yang diperkirakan mencapai $ 17,5 miliar menurut Forbes.

Dia adalah orang terkaya ke-68 di dunia dalam daftar Forbes tahun 2020, diikat dengan raksasa media Rupert Murdoch dan keluarganya.

PPF dalam sebuah pernyataan menyatakan “kesedihan terdalam” atas kematian pendirinya dan 98,9% pemegang saham.

Ladislav Bartonicek, veteran PPF 30 tahun yang memiliki lebih dari 0,5% saham, akan mengambil alih tugas manajemen, kata perusahaan itu.

Pemegang saham ketiga PPF, Jean-Pascal Duvieusart, juga dengan lebih dari 0,5%, mengatakan perusahaan akan terus membangun dan menjaga visi Kellner.

“Petr adalah seseorang yang benar-benar luar biasa dalam hal energi, dalam hal kreativitas, dalam hal dorongan untuk membangun hal-hal baru,” kata Duvieusart dalam wawancara telepon.

Bartonicek akan mengambil alih manajemen PPF setelah kematian pendiri Kellner

Kotak Fakta: Kelompok PPF miliarder Ceko Kellner

Kellner meninggalkan istrinya Renata dan empat anaknya.

Dia mulai menjual mesin fotokopi ketika negara itu dibuka setelah Revolusi Velvet 1989. Dia mendirikan PPF dengan mitra untuk program privatisasi negara.

Dengan kepemilikan di bidang keuangan, telekomunikasi, manufaktur, media, dan bioteknologi, PPF melaporkan aset sebesar 44 miliar euro ($ 51,8 miliar) pada pertengahan tahun 2020.

PPF mengontrol perusahaan telekomunikasi di Eropa tengah dan timur termasuk O2 Czech Republic, Telenor CEE dan CETIN.

Perusahaan terbesarnya adalah pemberi pinjaman konsumen Home Credit, yang aktif di pasar termasuk Rusia, Cina dan India.

Home Credit adalah pendatang awal ke pasar China, mulai meminjamkan di sana sebagai perusahaan milik asing pertama pada tahun 2010.

Bisnisnya di sana diperjuangkan oleh para pemimpin Ceko, yang dipandang para kritikus sebagai pengalihan dari kursus diplomasi hak asasi manusia negara yang ditetapkan oleh pemimpin pasca-komunis pertama, Vaclav Havel.

Presiden Milos Zeman telah mencari hubungan hangat dengan China dan mengajak Kellner ke pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping pada tahun 2014.

Kellner juga mendanai sebuah thinktank yang didirikan oleh mantan Presiden Vaclav Klaus, arsitek privatisasi tahun 1990-an yang memungkinkan bisnis Kellner meningkat.

“Kisah hidupnya adalah contoh pemanfaatan peluang yang ditawarkan kepada kaum muda melalui transformasi ekonomi,” kata Klaus.

Kellner baru-baru ini berfokus pada pasar dalam negerinya, dengan PPF mengakuisisi saham di Bank Uang MONETA dan mengusulkan penggabungannya dengan Air Bank dan sebagian dari Kredit Rumah. Saham MONETA turun 1,7% pada hari Senin.

Tahun lalu, PPF menyelesaikan akuisisi Central European Media Enterprises, sekelompok stasiun televisi, dari Time Warner.

  • Bagikan