Mantan Sekwan Eky Siloy dan Pimpinan DPRD Kota Ambon Masuk Daftar Tunggu

  • Bagikan
DPRD Kota Ambon

Ambon –  Mantan Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Ambon, Eky Siloy dan tiga pempinan DPRD kota Ambon masuk daftar orang-orang yang akan diperiksa terkait dugaan tindak pidana korupsi anggaran di DPRD kota Ambon senilai Rp 5.3 miliar hasil temuan BPK RI pada tahun 2020.

Sebelumnya Sekretaris Steven Dominggus, Kasubag Hukum dan Perundangan, Leonora Sinurang, dan staf Sekertariat DPRD setempat, Nova Manakane, Max Paiteipelohy, dan Joice Pailjama telah diperiksa Penyelidik Kejari Ambon, Kamis (18/11).

“Dari Sekertariat dulu. Sekwan termasuk dan stafnya. Setelah itu baru kita ke Anggota Dewan,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ambon, Dian Fris Nalle, di edung Kejari, Kamis 18/11).

Dikatakan penyidik mengagendakan pemeriksaan terhadap 11 orang saksi, untuk dua kloter pemeriksaan, yakni pada Kamis (18/11) sebanyak lima orang saksi dan Jumat (19/11) menyusul 6 orang saksi.

“Selanjutnya, masih ada enam saksi lagi dari kesektariatan DPRD Kota Ambon yang akan diperiksa Jaksa pada, Jumat (hari ini). Mereka diperiksa sama, terkait dugaan penyimpangan anggaran di DPRD Kota Ambon senilai Rp. 5,3 miliar hasil temuan BPK RI pada tahun 2020”ujar Nale.

Setelah 11 saksi yang dijadwalkan pada Kamis dan Jumat itu, penyelidik juga akan mengagendakan pemeriksaan terhadap mantan Sekwan, Eky Silooy dan para Anggota DPRD Kota Ambon yang diduga ikut menikmati dana haram tersebut.

Para Anggota DPRD yang akan dipanggil nantinya, diduga ada nama Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, Gerald Mailoa, dan Rustam Latuponno.

“Iya, nanti mantan Sekwan (Eky Silooy) juga akan kita panggil. Termasuk anggota DPRD. Sementara, kita masih periksa dari bidang kesektariatan dulu. Nantilah akan kita rilis, ini masih jalan,” katanya

Diketahui pada hari Kamis kemarin, penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap Sekretrais Dewan Steven Dominggus, Kasubag Hukum dan Perundangan, Leonora Sinurang, dan staf Sekertariat DPRD setempat, Nova Manakane, Max Paiteipelohy, dan Joice Pailjama.

Mereka diperiksa penyelidik yang diketuai, Eka Palapia selaku Kasipidsus Kejari Ambon, sejak pagi sekira pukul 09.00 Wit, dan selesai pada pukul 15.25 Wit. Kabarnya, puluhan pertanyaan diarahkan penyelidil ke mereka seputar temuan BPK RI di tahun 2020. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *