Lomba Vlog Museum Siwalima 2021, Ditutup dan Penetapan Pemenang

  • Bagikan
Lomba Vlog Museum Siwalima 2021, Ditutup dan Penetapan Pemenang

Ambon – Lomba Vlog museum Siwalima tahun 2021 dengan tema Museum Siwalima Cermin Peradapan Orang Maluku yang di ikuti oleh 29 peserta akhirnya di tutup yang dirangkai dengan penyerahan hadiah kepada  para pemenang Lomba bertempat di gedung Theater Museum Siwalima Ambon.

Lomba Vlog Museum Siwalima Ambon 2021 yang merupakan lomba pertama di tahun ini yang di buka sejak tanggal 06 Ferbuari  lalu ini, akhirnya berhasil menetapkan para pemanang dari total 29  peserta dengan hasil karya terbaik mereka masing-masing setelah melewati penjurian panjang oleh tim dari Museum Siwalima.

Jean Esther Saiya Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku saat memberikan sambutan sebelum menyerahkan hadia kepada peserta Selasa 13/04/2021 menjelaskan kegiatan Volg museum Siwalima tahun 2021 adalah kegiatan awal museum Siwalima di tahun ini dan kegiatan di buat untuk mempublikasikan Museum Siwalima sebagai Rumah Peradaban Orang Maluku secara umum.

Dirinya memaparkan kegiatan ini juga sebagai lanjutan kegiatan vlog tahun lalu, namu tahun ini kegiatan yang di lakukan lebih pada koleksi yang mewakili tiga ruangan pameran yang berada di museum, dengan demikian peserta akan lebih terperinci dalam menyampaikan informasi secara akurat dan dapat dipertanggungjawabakan.

Saiya juga menambahkan vlog ini juga lebih di fokuskan informasinya kepada koleksi sehingga walaupun peserta mendapat data awal sedikit tetapi peserta juga harus mencari reverensi yang lain untuk memperkaya informasi koleksi apakah dari kajian pustaka atau mencari narasumber yang pakar di bidang sejarah dan budaya sehingga dapat memperkaya data yang ada di museum.

Beberapacatatan penting juga disampaikan kepada para peserta sebagai masukan diantaranya penampilan peserta dalam berbusana harus sepadam karena berbusana juga sebagai warisan leluhur yang di turunkan kepada generasi berikutnya.

Selain itu, dari hasil diskusi tim vlog dengan dan pemandu museum, banyak peserta yang mengabaikan para pemandu museum, peserta dinilai tidak peduli terhadap para petugas pemandu museum dan hal ini yang tergerus dari nilai kehidupan generasi muda saat ini, oleh karena itu menjadi catatan penting kedepannya menjadi bahan evaluasi para generasi muda saat ini terutama mereka yang ikut dalam kegiatan lomba.

“Ada beberapa catatan yang di sampaikan hari ini kepada peserta untuk menjadi bekal bagi peserta untuk di tahun – tahun yang akan datang museum Siwalima mengadakan kegiatan ini menjadi catatan pada peserta yang pertama kegiatan ini di buat untuk mempublikasikan dan mempromosikan keberadaan museum siwalima sebagai rumah peradapan orang Maluku secara umum dan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan di tahun sebelumnya dimana Vlog menginformasikan museum Siwalima secara umum tapi untuk kegiatan di tahun 2021 itu sudah lebih fokus pada beberapa koleksi” Ujar Saiya.

Sebanyak 29 peserta yang mengikuti lomba Volg museum Siwalima tahun 2021 menampilkan kemampuan di bidang IT maupun kemampuan sebagai penyiar dadakan namun mereka telah menghasilkan video – video yang menarik dan sangat imformatif tentang museum Siwalima.

Diakhir sambutannya, Saiya, menyampikan ucapan terima kasih kepada Tim vlog dan dewan juri yang telah bekerja keras menentukan pemenang termasuk dengan berbagai catatan – catatan penting yang di sampaikan sebagai bahan evaluasi bersama, sehingga kedepannya akan semakin lebih baik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *