Literasi Digital, Pemkot Ambon Segera Merealisasikan Pembangunan Command Center

  • Bagikan
Literasi Digital

Ambon – Pemerintah kota Ambon memastikan akan segera merealisasikan pembangunan Command Center untuk digunakan dalam memantau seluruh rutinitas kegiatan masyarakat kota Ambon pada seluruh sudut kota Ambon termasuk juga menunjang program pemerintah pusat yakni program literasi digital nasional.

Demikian dikatakan Sekretaris kota Ambon A.G Latuheru, saat hadir mewakili walikota Ambon pada acara peluncuran program literasi digital yang mengangkat tema Indonesia cakap Digital, Dalam sambuatnya mengatakan memberikan apresiasi atas nama pemerintah kota Ambon dengan terselenggaranya kegiatan ini, karena program ini dinilai sejalan dengan salah satu program pemerintah kota Ambon yakni Ambon Smart atau Ambon Cerdas.

Pemerintah kota Ambon terus melakukan berbagai pembenahan pelayanan pada seluruh SKPD pada lingkup pemerintah kota Ambon menuju ke arah pemanfaatan digitalisasi guna mempermudah berbagai pengurusan perizinan oleh masyarakat dan juga mudah untuk dilakukan pengawasan dan mempercepat waktu pengurusan.

Dikatakan Latuheru, berdasarkan survey status digital Indonesia tahun 2020 oleh Katadata Insigth center dengan kementerian Komunikasi dan Informatikan(Kominfo) dimana kota Ambon masuk dalam nominasi kota satelit cakap digital (Litirasi Digital), dimana indeks literasi pada skala 3,80.

Masuknya kota Ambon dalam nominasi kota Satelit dikarenakan pengguna platform digital dan media sosial, dihitung berdasar jumlah penduduk kota Ambon yang dinilai cukup tinggi dan hal ini menjadi modal kota Ambon menerpakan digitalisasi system dan proses layanan publik secara digitalisasi.

Dikatakan Latuheru, saat ini pemerintah kota Ambon terus melakukan pembenahan dan pemasangan jaringan internet pada sejumlah lokasi dalam wilayah kota Ambon guna memastikan seluruh tempat akses internet dapat terjangkau oleh masyarakat setempat mulai dari pusat kota, kecamatan, kelurahan hingga desa-desa.

“Sementara ini kita membenahi kita punya Command Center yang dalam waktu dekat ini sudah dimanfaatkan karena Command Center ini salah satu upaya kita juga menuju pada Indonesia cakap digital, yang ada dalam Indonesia termasuk Ambon kita berharap Ambon juga dapat digital, Command Center kita bangun kemudian kita sudah bekerjasama untuk meletakan CCTV di kota ini, sehingga semua kota bisa di awasi, di samping itu juga terus di kembangkan oleh Diskominfo kota Ambon untuk memperbanyak titik – titik yang di gunakan atau dimanfaatkan oleh warga kota” Ujar Latuheru.

Kegitan peluncuran program literasi digital yang mengangkat tema Indonesia cakap Digital yang dibuka oleh presiden Joko Widodo langsung dari Jakarta dan dikuti oleh seluruh daerah di Indonesia termasuk di kota Ambon.

Peluncuran Program Literasi Digital Nasional, bertepatan dengan momentum Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021, Kamis 20 Mei 2021. Program Literasi Digital Nasional  itu dicanangkan sebagai bagian dari upaya percepatan transformasi digital khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia digital.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *