Lemhanas RI Kunjungan SSDN Ke Pemkot Ambon

  • Bagikan
Lemhanas RI Kunjungan SSDN Ke Pemkot Ambon

Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menerima kunjungan peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI. Studi tersebut merupakan bagian dari kunjungan lapangan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIV tahun 2022.

Rombongan SSDN berjumlah 25 orang tersebut, diterima langsung Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena bersama para pejabat Pemkot Ambon. Pertemuan ini berlangsung di Ruang Vlissingen, Balai Kota Ambon, Rabu (6/7/2022).

Tenaga Ahli Pengajar Bidang Kependudukan Lemhannas RI, selaku ketua rombongan, Irjen Pol. Agus Sukamso menjelaskan, kunjungan kerja (kunker) ini merupakan bagian dari praktik lapangan PPRA 64 Lemhannas ke Provinsi Maluku, dengan maksud untuk mempelajari, memahami, dan mengkaji potensi daerah serta berbagai persoalan yang dihadapi daerah.

Sukamso mengatakan, kajian ini dilakukan dari aspek Astagatra, yaitu meliputi geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hankam, dalam sudut pandang atau perspektif ketahanan nasional.

Sukamso juga berharap melalui kegiatan SSDN, para peserta dapat memperoleh tambahan wawasan serta pengalaman yang lebih komprehensif baik secara teoritis maupun praktek, dan memiliki kepekaan serta kepedulian yang tinggi terhadap upaya pemecahan berbagai persoalan bangsa.

Selama lima hari di Kota Ambon dari tanggal 04-08 Juli, selain ke Pemkot Ambon, rombongan SSDN juga mengunungi sejumlah instasi Pemerintah, Militer, Kepolisian, Lembaga Pendidikan dan objek-objek strategis di daerah/provinsi. Tujuan ke setiap instansi itu pun disesuaikan dengan analisis studi di lapangan.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan, selain Kota Ambon, kegiatan serupa juga dilakukan di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah dan Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur.

Dalam pertemuan tersebut Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena membeberkan sejumlah strategi yang sudah dan akan dilakukan Pemkot Ambon termasuk gambaran umum tentang kearifan lokal.

Ia juga menjelaskan, tantangan yang dihadapi Kota Ambon yakni meliputi persentase penduduk miskin yang mencapai 5,02 persen. Tingkat Pengangguran terbuka 11,32 Persen, hingga persoalan sampah yang menjadi salah satu prioritas untuk dibenahi Pemkot Ambon.

Penjabat Wali Kota mengapreasisi kehadiran rombongan SSDN PPRA LXIII 2022 Lemhannas RI menjadikan Kota Ambon sebagai tujuan SSDN. Serta berharap hasil dari pertemuan dan diskusi menjadi masukkan dan kajian Pemerintah Pusat untuk menentukan kebijakan bagi pembangunan di Kota Ambon.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Irjen Pol  Agus Sukamso. sebagai pimpinan rombongan, Deputi Bidang Pendidikan Lemhannas RI. Mayjen TNi Sugeng Santoso, Mayjen TNI Agus Arif Fadila sebagai tenaga ahli rombongan, LO adalah Brigjen Pol Lilik Arga Tjahyana, dan 23 orang peserta PPRA 64 Lemhannas. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *