Lanal Tual Tanam 1.590 Mangrove

  • Bagikan
Lanal Tual Tanam 1.590 Mangrove

Tual – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tual yang dipimpin Komandan Lanal (Danlanal) Tual, Indra Dharma melaksanakan penanaman mangrove sebanyak 1.590 mangrove di Pantai Nam Indah, Desa Ohoitahit, Kecamatan Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Provinsi Maluku dalam rangka memperingati Hari Mangrove sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2022.

Kegiatan penanaman bibit mangrove kali ini melibatkan seluruh prajurit Lanal Tual, Jalasenastri Cabang II Korcab IX DJA III, Pemkot Tual, instansi Maritim, Pramuka Saka Bahari, dan warga masyarakat yang dipusatkan pada lokasi Pantai Nam Indah.

Danlanal Tual, Indra Dharma mengatakan bahwa rangkaian penanaman bibit mangrove yang dilakukan merupakan pelaksanaan program kerja prioritas Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL, melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Rehabilitasi hutan mangrove menjadi sangat penting mengingat ekosistem mangrove memiliki peranan penting bagi lingkungan, dimana selain sebagai penahan laju abrasi, mangrove juga memiliki fungsi sebagai penahan intrusi air asin dan rumah bagi satwa yang ada.

Selain itu mangrove juga memiliki kelebihan yang jauh lebih besar dalam menyerap karbon dioksida, dibandingkan dengan hutan biasa. Untuk itu perlu aksi nyata bersama untuk melaksanakan rehabilitasi hutan mangrove kemudian menjaga ekosistem mangrove dari kerusakan.

Kegiatan ini juga adalah bagian dari  ikut serta menyukseskan program pemerintah yang menargetkan 600.000 hutan mangrove pada tahun 2024.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut yang juga hadir bersama dalam penanaman bibit  mangrove mengatakan pihaknya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI AL Tual yang telah peduli terhadap lingkungan, terutama masalah pohon mangrove yang cukup banyak mengalami kerusakan di Kota Tual.

Borut mengatakan DPRD Kota Tual juga akan memberikan dukungan yang nantinya dibahas pada saat penetapan anggaran APBD Kota Tual untuk dimasukkan agar program penanaman mangrove dapat terus berlanjut.

Seperti diketahui pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove oleh jajaran TNI angkatan Laut dilakukan secara serentak pada 77 titik lokasi yang ada di Indonesia dan salah satunya berada di Kota Tual. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *