Konsumsi Masyarakat Diprediksi Tetap Tinggi hingga 2024, Pemilu sebagai Pendorong Utama

  • Bagikan
Ekonom BSI Banjaran Surya Indrastomo
Ekonom BSI Banjaran Surya Indrastomo.

Jakarta – Banjaran Surya Indrastomo, Chief Economist Bank Syariah Indonesia (BSI), memproyeksikan bahwa tingkat konsumsi masyarakat di Indonesia pada tahun 2024 akan tetap tinggi. Prediksi ini didasarkan pada pelaksanaan pemilu yang diharapkan dapat menggerakkan roda perekonomian melalui dorongan belanja domestik.

Menurut Banjaran, aktivitas pemilu diharapkan dapat memacu belanja domestik, menjaga tingkat konsumsi masyarakat yang tetap terjaga pada triwulan III 2023. Hal ini tercermin dari kondisi suplai dari sektor manufaktur yang konsisten berada di zona ekspansif, dengan Prompt Manufacturing Index (PMI) tetap di atas 50 persen.

Dalam pandangannya, Banjaran menyatakan bahwa semua sektor usaha diprediksi akan tumbuh positif pada tahun 2024, didorong oleh kuatnya konsumsi rumah tangga. Oleh karena itu, ekonomi Indonesia diproyeksikan akan tetap mempertahankan tren pertumbuhan yang positif, meskipun menghadapi ketidakpastian global akibat konflik geopolitik dan perlambatan ekonomi.

“Ekonomi kita pada 2024 kami perkirakan masih tumbuh berkisar 5-6 persen karena masih kuatnya daya beli masyarakat,” ungkap Banjaran.

Lebih lanjut, Banjaran menilai bahwa kondisi perekonomian global pada tahun 2024 kemungkinan akan mengalami perlambatan, dipicu oleh kebijakan moneter yang ketat dari bank sentral negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Hal ini mencakup tingginya suku bunga acuan bank yang dijaga tinggi sejak tahun 2023.

Kendati inflasi global diperkirakan akan terkendali, Banjaran menyebut masih ada risiko kenaikan harga komoditas yang dapat dipicu oleh ketegangan geopolitik, seperti konflik Rusia-Ukraina atau Israel-Palestina.

Selain itu, ekonomi global juga dihadapkan pada risiko dari perubahan iklim dan gangguan cuaca El Niño yang berpotensi menghambat produksi pangan hingga paruh awal 2024. Dengan melibatkan sejumlah faktor ini, proyeksi ekonomi Banjaran memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi perekonomian Indonesia dan dunia pada tahun mendatang. DMS

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *