Kodim 1502/Masohi Intens Galakkan Program Penguatan Swasembada Pangan

  • Bagikan
Kodim 1502/Masohi Intens Galakkan Program Penguatan Swasembada Pangan

Masohi, Matamaluku.com – Kodim 1502/Masohi intens menggalakkan program penguatan swasembada pangan memanfaatkan lahan tidur di area Kodim setempat dengan menanam berbagai varian tanaman seperti cabai, sayur dan ubi serta pisang.

Dandim 1502/Masohi Letkol Czi. Muhammad Yusuf Aksa kepada Tim Matamaluku.com di Masohi, Rabu (11/1/2023) mengatakan, gerakan pemanfaatan lahan tidur merupakan bagian untuk penguatan ketahanan pangan, selain menekan inflasi yang dipengaruhi harga cabai dan bawang.

“Program ini selain memotivasi anggta TNI, juga warga untuk memanfaatkan lahan yang ada mengisinya dengan berbagai tanaman penyeimbang, karena selain bisa dikonsumsi juga bisa menambah uang belanja keluarga,” ujar Dandim.

Sebagai pilot project, Kodim 1502/Masohi telah menanam sebanyak 10 ribu tanaman cabai pada dua lokasi.

Menurut Dandim, penanaman cabai yang dilakukan selain untuk penguatan ketahanan pangan, ini merupakan wujud nyata untuk memotivasi masyarakat dalam pemanfaatan lahan tidur guna menjadikannya sebagai lahan pertanian produktif.

Dan hasil dari penanaman akan dibagikan kepada warga yang layak menerima atau masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem melalui program yang dicanangkan, yakni Babinsa masuk dapur.

Ia menambahkan, penanaman cabai dan sayur di lokasi Kodim hanya merupakan pilot project, dibandingkan yang ada di Korem yang lahanya lebih luas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *