Kodam XVI/Pattimura Pecahkan Rekor MURI Makan Papeda 35.000 Bungkus

  • Bagikan
Kodam XVI/Pattimura Pecahkan Rekor MURI Makan Papeda 35.000 Bungkus

Ambon – Kodam XVI/Pattimura berhasil pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) makan papeda (makanan tradisional masyarakat Maluku) terbanyak yakni sebanyak 35.000 bungkus dengan panjang 123 meter yang berlokasi di atas Jembatan Merah Putih, Minggu (22/5/2022).

Direktur Operasional MURI Yusuf Madri sebelum memberikan piagam MURI membenarkan Kodam XVI/Pattimura berhasil memecahkan rekor MURI makan papeda yang sebelumnya dipegang Kota Jayapura yakni ukuran panjang 110 meter dan diikuti 12 ribu peserta,

Hari ini rekor MURI makan berhasil papeda dipecahkan oleh Kodam Pattimura dalam rangka HUT ke-23, dengan diikuti 23 ribu peserta dengan panjang papeda 123 meter .

Dia juga menyatakan rekor MURI tersebut sekaligus tercatat sebagai rekor dunia, karena di dunia mana pun tidak ada yang menyantap papeda sebanyak ini.

“Acara pemecahan rekor MURI makan papeda itu merupakan ide almarhum Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Stevanus Mahury oleh karena itu Rekor yang dicapai tersebut, didedikasikan kepada almarhum,” kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan setelah menerima piagam MURI.

Menurutnya, makan papeda dipilih karena bubur sagu ini merupakan makanan khas orang Maluku, sedangkan Jembatan Merah Putih yang dipilih sebagai tempat pemecahan rekor MURI karena menjadi ikon Kota Ambon.

Dirinya mengakui Papeda memiliki filosofi perekat, karenanya KodamXVI/Pattimura hadir sebagai pelindung dan perekat bangsa sehingga Tanah Maluku selalu aman.

Pangdam menyebutkan, filosofi Papeda memberi penyemangat bagi TNI untuk bersama rakyat terus bergandengan tangan bersama-sama melaksanakan tugas menjaga keutuhan NKRI

Pemecahan rekor MURI dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, dan di hadiri oleh Gubernur Maluku Murad Ismail dan Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotaria Latif, serta pejabat TNI dan  pimpinan OPD serta ribuan masyarakat Kota Ambon.

Nampak di deretan tamu undangan hadir mantan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dan para pemimpin agama di Maluku. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.