Ketua Tim Penggerak PKK Pentingnya Protokol Kesehatan Ditengah Pandemi COVID-19

  • Bagikan
Ketua Tim Penggerak PKK Pentingnya Protokol Kesehatan Ditengah Pandemi COVID-19

Maluku Tengah, Leihutu – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, Amien Rua’ti Tuasikal mengingatkan pentingnya menjaga protokol kesehatan ditengah kondisi pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum juga berakhir. Hal ini disampaikan Ru’ati Tuasikal saat melakukan melihat langusng kegiatan bhakti sosial dan sunatan masal yang digelar Alumni angkatan 98, di Kecamatan Leihitu, pada Jumat (11/06/2021).

Dihadapan warga kecamatan Salahutu, Rua’ti Tuasikal didampingi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK  Joan Laleleury dan Ketua Dharma Wanita  Anna Sahubawa mengingtakan pentingnya masyarakat di Kecamatan Leihitu untuk selalu menjaga protocol kesehatan.

Ia mengingatkkan kalau saat ini COVID-19 belum berakhir. Beberapa daerah di pulau jawa bahkan mengalami peningkatan kasus yang cukup signifikan. Ia mencontohkan dearah di Pulau Jawa seperti Semarang, DKI Jakarta, Surabaya dan Bandung diman angka covidnya cukup tinggi

Untuk warga yang melakukan aktifitas dari kecamatan Leihitu ke Kota Ambon, dihimbau selalu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak, apalagi kota Ambon saat ini telah masuk dalam sona orange.

Maluku Tengah, katanya saat ini berada pada level zona kuning, untuk itu warga di Kabupaten Maluku Tengah khusunya, Kecamatan Leihitu agar selalu mematuhi protokol kesehatan sehingga berdampak mengurangi resiko penularan covid 19 di Kabupaten dengan julukan Pamahanu Nusa itu.

“Saat ini covid 19 belum berakhir. Beberapa daerah di pulau jawa bahkan mengalami peningkatan kasus yang cukup signifikan. Dearah di Pulau Jawa seperti Semarang, DKI Jakarta, Surabaya dan Bandung angka covidnya cukup tinggi, warga yang melakukan aktifitas dari Leihitu ke Kota Ambon, supaya mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak, apalagi kota Ambon saat ini telah masuk dalam sona orange”, pintanya.

Selain mengingatkan pentingnya menjaga protokol kesehatan, pada kesempatan yang sama juga selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, Amien Rua’ti Tuasikal mengingatkan pentingnya khitan bagi seorang anak.

Demikian disampaikannya  Ru’ati Tuasikal saat melihat langusang kegiatan bhakti sosial dan sunatan masal yang digelar Alumni angkatan 98, di Kecamatan Leihitu, pada Jumat (11/06/2021).

Ru’ati Tuasikal yang juga Ina Parenting Maluku Tengah, menyebutkan, salah satu ajaran yang diterapkan dalam Islam, baik bagi laki-laki maupun perempuan, khitan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kepentingan syiar Islam. Sebab, khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani.

Selain itu, khitan juga dianggap sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya.

Disebutkan melalui khitan, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan, terutama alat kelaminnya.

Ditelisik dari sudut pandang medis, kata Ru’ati, khitan juga mempunyai faedah bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan bau yang tidak sedap. Karena itu, bila tidak dibersihkan, dapat menyebabkan infeksi serta kanker leher rahim pada perempuan.

Selama kunjungan di Kecamatan Leihutu, mandimpingi Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua bersama sejumlah OPD, Ketua Tim PKK juga mengunjungi sekolah ramah anak SMP Negeri 1 Leihutu, PAUD Negeri Hitu Lama, meninjau pengobatan gratis masal dan pelayanan KB gratis serta kegiatan membatik dan tata boga. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *